Cara Membuat Keripik Pisang Madu

resep keripik pisang madu

Cara Membuat Keripik Pisang Madu – Di indonesia selain penghasil pisang terbesar ketujuh sedunia, Indonesia juga banyak menghasilkan madu.

Selain sehat, madu dapat diolah menjadi campuran makanan agar menambah gizi dan mineral sesuai kebutuhan tubuh.

Resep Keripik Pisang Renyah Rasa Tawar

Untuk menciptakan keripik pisang yang bervariasi, pertama kita buat keripik pisang dengan rasa tawar. Keripik pisang tawar ini dapat divariasikan ke dalam berbagai varian rasa. Lalu bagaimana cara membuat keripik pisang tawar??. Ikuti resep berikut ini!

Bahan:

  • Pisang kepok 10 buah
  • Garam halus 1 sdm
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 1 L
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Kupas lalu iris tipis pisang
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Rendam iriasan pisang selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang siap disajikan.

Resep Keripik Pisang Madu

Berikut ini adalah resep keripik pisang manis madu yang lezat.

Bahan:

  • 1 sisir pisang kepok
  • 10 sdm gula pasir
  • 2 sdm madu
  • 1/2 sdm soda kue
  • pewarna kuning secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik pisang madu:

  1. Kupas pisang, iris tipis
  2. Langsung rendam irisan pisang dalam air yg sudah dicampur soda dan pewarna kuning
  3. Tiriskan, goreng sampai warna kekuningan
  4. Setelah proses penggorengan selesai,kripik siap digulai
  5. Panaskan sedikit minyak, masukan gula pasir dan madu
  6. Jika gula larut sudah masukan kripik, aduk hingga tercampur rata
  7. Setelah dingin masukan toples.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anda

1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung.

2. Kurangi Bisul dan Gangguan Gastrointestinal lainnya

Madu sangat bermanfaat untuk menghindari gangguan gastrointestinal dan bisul

3. Khasiat Madu sebagai Antibakteri dan Antijamur

Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida.

4. Manfaat Madu untuk Meningkatkan Kinerja Atletik

Untuk meningkatkan kinerja otot, maka para atlet jaman dulu mengonsumsi madu. Penelitian menyebutkan  madu lebih unggul dalam menjaga kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan daripada pemanis lainnya.

5. Mengurangi Iritasi Batuk dan Tenggorokan

Khasiat madu membantu mengatasi batuk, terutama madu soba. Satu dosis madu soba sama efektifnya dengan satu dosis dextromethorphan dalam meredakan batuk malam hari dan memungkinkan tidur lebih nyenyak.

6. Madu Menyeimbangkan 5 Elemen

Telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic di India selama setidaknya 4000 tahun dan dianggap memengaruhi ketiga ketidakseimbangan material primitif tubuh secara positif. Madu juga dikatakan bermanfaat dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare, dan mual.

7. Pengaturan Gula Darah

Kombinasi tepat fruktosa dan glukosa benar-benar membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyentak gula darah Anda.

8. Menyembuhkan Luka dan Luka Bakar

Penggunaan madu di luar tubuh telah terbukti efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Studi telah menunjukkan itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

9. Probiotik

Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri yang ramah. Ini termasuk hingga 6 spesies lactobacilli dan 4 spesies bifidobacteria.

10. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jenis madu manuka dari Australia telah ditemukan untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

 

Jenis Jenis Pisang Untuk keripik

resep keripik pisang manis

Untuk menghasilkan keripik sesuai dengan contoh pada resep keripik pisang manis diatas beberapa jenis pisang yang dapat Anda gunakan :

1. Ambon.

Pisang ini sering digunakan sebagai bahan utama makanan ataupun minuman, salah satunya adalah untuk membuat keripik. Warna dari kulit ini adalah hijau terang hingga warna hijau dan kekuningan.

Kelebihan dari pisang ini adalah memiliki daging yang tebal dan tentunya lembut ketika dikonsumsi. Anda dapat memilih dua jenis pisang yaitu Ambon lumut dan juga Ambon kuning.

2. Kepok.

Ciri-ciri pisang untuk keripik ini adalah bentuknya yang gepeng atau tipis dan bersegi. Hal ini membuat pisang kepok lebih kecil dari pisang yang lainnya.

Ada 2 jenis pisang kepok yaitu putih dan kuning. Apabila Anda ingin memiliki rasa yang manis, maka pisang kepok kuning adalah pilihan yang tepat.

Salah satu kelebihan dari pisang kepok kuning memiliki buah yang jauh lebih padat dibandingkan kepok putih. Apabila Anda sering mendengar nama pisang kapas, maka pisang Kepok putih ini adalah julukan dari nama pisang tersebut.

3. Nangka.

Pisang dengan kulit agak tebal ini memiliki warna yang unik. Warna dari daging pisang ini memiliki warna kuning dan kemerahan. Apabila Anda ingin rasa pisang yang manis dan sedikit asam, maka pisang nangka dapat menjadi jawabannya.

Selain keunikan tersebut, ukuran buah pisang juga cukup besar yaitu sekitar 28 cm. Tentunya dengan bentuk yang cukup besar tersebut Anda dapat memilih pisang ini untuk mendapatkan keripik dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Tanduk.

Jenis pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang Tanduk yang memiliki tekstur panjang. Pisang ini adalah jenis yang sering digunakan untuk keripik pisang dan sering dijual di pasaran. Panjang dari pisang ini adalah 30 cm dan kulitnya yang berwarna hijau menandakan jika pisang tersebut masih sangat mentah.

Pilihlah pisang dengan warna kuning kemerahan dan terdapat bintik-bintik coklat yang menandakan jika pisang tersebut sudah dapat diolah menjadi keripik. Rasa dari pisang Tanduk adalah manis dan asam yang sangat sesuai untuk cemilan di rumah.


Tips Menyimpan Keripik Agar Tetap Renyah

Dibawah ini tips menjaga keripik pisang tetap renyah

1. Wadah Kedap Udara

Setelah selesai makan keripik lebih baik pindahkan ke wadah plastik yang memiliki tutup rapat, misalnya stoples atau kotak makan. Dengan memindahkan keripik akan tetap segar dan renyah dalam waktu lama.

Dibanding kantung kemasan dari toko yang dapat membuatnya terpapar udara sehingga bisa jadi alot dan melempem.

2. Penjepit Keripik

Anda bisa membeli penjepit khusus keripik atau chips clip, mirip klip kertas namun lebih lebar. Caranya cukup dengan menjepitnya di bagian atas kantong keripik. Penjepit ini menjaga udara agar tidak masuk yang dapat membuat keripik melempem.

Sebelumnya, jangan lupa untuk mengeluarkan semua udara dari kantung keripik sisa sebelum menjepitnya.

3. Klip Kertas

Bila susah menemukan penjepit khusus keripik, Anda bisa menggunakan klip kertas atau jepitan jemuran untuk memastikan kantung tetap tertutup tak terpapar udara, meskipun cara ini tidak menghalangi udara semanjur penjepit khusus keripik.

4. Hand Sealer

Adalah mesin perekat plastik praktis, mudah dibawa-bawa dan mudah digunakan. Cara penggunaanya mirip dengan memakai streples dan banyak dijual online. Perawatannya mudah, cukup dengan isi baterai agar dapat memasok panas saat merekatkan plastik berisi keripik sisa Anda.

Cara penggunannya sama dengan sebelumnya memastikan tidak ada udara masuk, pastikan keluarkan semua udara sebelum menggunakan hand sealer. Untuk dapat membukanya, cukup gunting rekatan.

5. Vacuum Sealer

Mirip dengan hand sealer, cara ini pun menggunakan alat khusus dan menjaga makanan Anda tetap renyah dengan kualitas sama seperti awal. Alatnya mirip printer.

Cara penggunaannya cukup letakkan bagian atas kantung yang terbuka di mulut alat dan kemudian tutup.

Tekan tombol dan beberapa detik pun kantung keripik tersegel rapat seperti baru. Anda dapat membukanya kembali adalah dengan gunting.