Cara Membuat Keripik Pisang Asin

Cara membuat keripik pisang asin – Hai guys, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat keripik pisang asin.

Nama keripik pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya mungkin keripik pisang biasa kita temukan di minimarket, warung, pasar, tidak menutup kemungkinan di perayaan hari besar.

Keripik pisang biasa dibuat untuk camilan dengan berbagai varian rasa. Pastinya kamu tahu varian apa saja yang biasa dibuat bukan, ada varian gurih, asin, manis, balado, dll. Mungkin beberapa orang belum mengetahui bagaimana cara membuat keripik pisang renyah.

Pembuatan keripik pisang sangatlah mudah karena selain bahan udah dicari, pembuatan keripik pisang hanya membutuhkan waktu yang sebentar tergantung dari jumlah keripik yang akan dibuat.

Untuk membuat keripik pisang, sebaiknya jangan menggunakan pisang yang sudah masak, karena selain pisang lembek pisang yang sudah matang juga akan cepat gosong jika digoreng dalam suhu tinggi dan tidak bisa renyah karena kadar gula meningkat.

Pemilihan pisang yang tepat akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan kualitas yang dihasilkan. Pada proses pembuatan keripik pisang tidaklah lama, hanya saat mengiris pisanglah paling lama, karena harus tipis dan ada beberapa dari pisang yang berbiji sehingga harus hati-hati.

Cara membuat keripik pisang sangat bervariasi ada yang digoreng, dipanggang di oven maupun memnaggang di microwave. Selain itu cara membuat keripik renyah sekarang banyak yang menggunakan alat canggih bernama vacuum frying.

Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Tawar

Keripik pisang tawar ini dapat dibuat berbagai varian rasa. Lalu bagaimana cara membuat keripik pisang tawar?. Ikuti resep berikut ini!

Bahan:

  1. Pisang kepok 10 buah
  2. Garam halus 1 sdm
  3. Kapur sirih 1 sdt
  4. Air bersih 1 L
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik pisang:

  1. Kupas lalu iris tipis pisang
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang siap disajikan.

Cara Membuat Keripik Pisang Asin

Keripik pisang asin ini banyak disukai oleh orang orang yang tidak menyukai rasa manis. Keripik pisang asin ini dianggap sehat karena hanya melibatkan garam dan tanpa bahan pengawet.

Selain itu keripik pisang asin ini mudah sekali dibuat, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Lalu bagaimana cara membuat keripik pisang asin? ikuti resep berikut!

Bahan:

  1. Kapur sirih 1 sdt
  2. Air 1 L
  3. Buah pisang kepok 1 sisir
  4. Secukupnya minyak goreng

Bahan bumbu halus:

  1. Ketumbar 1 1/2 sdm
  2. Garam dapur 3 sdm
  3. Kunyit 2 cm
  4. Kemiri 3 butir
  5. Bawang putih 5 siung
  6. Secukupnya vetsin
  7. Campur bahan-bahan di atas, kemudian haluskan.

Cara membuat keripik pisang asin:

  1. Larutkan kapur sirih ke dalam air.
  2. Iris tipis pisang
  3. Rendam pisang selama 1 jam ke dalam larutan air kapur.
  4. Angkat rendaman pisang, lalu cuci hingga bersih, kemudian tiriskan.
  5. Siapkan wadah besar, lalu masukkan irisan pisang dan bumbu halus.
  6. Aduk-aduk sampai merata.
  7. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, supaya bumbu meresap.
  8. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng
  9. Goreng pisang hingga matang dan kering.
  10. Angkat, lalu tiriskan.
  11. Keripik pisang asin yang renyah siap disajikan.

Jenis Jenis Pisang Untuk Keripik

Cara membuat keripik pisang asin diatas sangatlah mudah. Namun ada beberapa jenis pisang yang dapat Anda gunakan :

1. Ambon.

Pisang ini sering digunakan sebagai bahan utama makanan ataupun minuman, salah satunya adalah untuk membuat keripik. Warna dari kulit ini adalah hijau terang hingga warna hijau dan kekuningan.

Kelebihan dari pisang ini adalah memiliki daging yang tebal dan tentunya lembut ketika dikonsumsi. Anda dapat memilih dua jenis pisang yaitu Ambon lumut dan juga Ambon kuning.

2. Kepok.

Ciri-ciri pisang untuk keripik ini adalah bentuknya yang gepeng atau tipis dan bersegi. Hal ini membuat pisang kepok lebih kecil dari pisang yang lainnya.

Ada 2 jenis pisang kepok yaitu putih dan kuning. Apabila Anda ingin memiliki rasa yang manis, maka pisang kepok kuning adalah pilihan yang tepat.

Salah satu kelebihan dari pisang kepok kuning memiliki buah yang jauh lebih padat dibandingkan kepok putih. Apabila Anda sering mendengar nama pisang kapas, maka pisang Kepok putih ini adalah julukan dari nama pisang tersebut.

3. Nangka.

Pisang dengan kulit agak tebal ini memiliki warna yang unik. Warna dari daging pisang ini memiliki warna kuning dan kemerahan. Apabila Anda ingin rasa pisang yang manis dan sedikit asam, maka pisang nangka dapat menjadi jawabannya.

Selain keunikan tersebut, ukuran buah pisang juga cukup besar yaitu sekitar 28 cm. Tentunya dengan bentuk yang cukup besar tersebut Anda dapat memilih pisang ini untuk mendapatkan keripik dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Tanduk.

Jenis pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang Tanduk yang memiliki tekstur panjang. Pisang ini adalah jenis yang sering digunakan untuk keripik pisang dan sering dijual di pasaran. Panjang dari pisang ini adalah 30 cm dan kulitnya yang berwarna hijau menandakan jika pisang tersebut masih sangat mentah.

Pilihlah pisang dengan warna kuning kemerahan dan terdapat bintik-bintik coklat yang menandakan jika pisang tersebut sudah dapat diolah menjadi keripik. Rasa dari pisang Tanduk adalah manis dan asam yang sangat sesuai untuk cemilan di rumah.

Tips Menyimpan Keripik Agar Tetap Renyah

Dibawah ini tips cara membuat keripik pisang tetap renyah.

1. Wadah Kedap Udara

Setelah selesai makan keripik lebih baik pindahkan ke wadah plastik yang memiliki tutup rapat, misalnya stoples atau kotak makan.

Dengan memindahkan keripik akan tetap segar dan renyah dalam waktu lama.

Dibanding kantung kemasan dari toko yang dapat membuatnya terpapar udara sehingga bisa jadi alot dan melempem.

2. Penjepit Keripik

Anda bisa membeli penjepit khusus keripik atau chips clip, mirip klip kertas namun lebih lebar. Caranya cukup dengan menjepitnya di bagian atas kantong keripik. Penjepit ini menjaga udara agar tidak masuk yang dapat membuat keripik melempem.

Sebelumnya, jangan lupa untuk mengeluarkan semua udara dari kantung keripik sisa sebelum menjepitnya.

3. Klip Kertas

Bila susah menemukan penjepit khusus keripik, Anda bisa menggunakan klip kertas atau jepitan jemuran untuk memastikan kantung tetap tertutup tak terpapar udara, meskipun cara ini tidak menghalangi udara semanjur penjepit khusus keripik.

4. Hand Sealer

Adalah mesin perekat plastik praktis, mudah dibawa-bawa dan mudah digunakan. Cara penggunaanya mirip dengan memakai streples dan banyak dijual online. Perawatannya mudah, cukup dengan isi baterai agar dapat memasok panas saat merekatkan plastik berisi keripik sisa Anda.

Cara penggunannya sama dengan sebelumnya memastikan tidak ada udara masuk, pastikan keluarkan semua udara sebelum menggunakan hand sealer. Untuk dapat membukanya, cukup gunting rekatan.

5. Vacuum Sealer

Mirip dengan hand sealer, cara ini pun menggunakan alat khusus dan menjaga makanan Anda tetap renyah dengan kualitas sama seperti awal. Alatnya mirip printer.

Cara penggunaannya cukup letakkan bagian atas kantung yang terbuka di mulut alat dan kemudian tutup. Tekan tombol dan beberapa detik pun kantung keripik tersegel rapat seperti baru. Anda dapat membukanya kembali adalah dengan gunting.


Sekian artikel ini kami buat, selamat mencoba😊😊😊