Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

Cara Membuat Keripik Pisang Beraneka Ragam – Keripik pisang adalah irisan kering dari pisang yang diolah melalui penggorengan di dalam minyak nabati. Sebagai jenis keripik yang banyak diusahakan n disukai oleh masyarakat, keripik pisang mudah dibuat dengan biaya yg murah-meriah dan peralatan sederhana dengan bahan – bahan yang sangat ekonomis.

Di Sumatera Barat, pisang yang paling pas untuk keripik goreng adalah pisang togar dari Pasaman atau pisang kepok tertentu dari Baso. Di Jawa pisang raja banyak diolah menjadi keripik. Secara umum semua jenis pisang memungkinkan untuk diolah menjadi keripik.Kami Menyarankan Untuk Membaca Terlebih dahulu cara membuat keripik pisang manis

Berikut kumpulan aneka resep keripik pisang renyah aneka krispi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala info peluang rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik buah.
Bahan -Bahan :

Pisang yang telah matang petik, masih green dengan sedikit warna kuning (10 % dari luas permukaan), bisa pakai pisang kepok untuk keripik pisang manis kepok
Minyak goreng (pakai minyak kelapa sawit)
Garam halus
Natrium metabisulfit atau natrium bisulfit (senyawa ini digunakan untuk mencegah terbentuknya warna kehitaman atau coklat tua pada permukaan irisan pisang)
Asam sitrat

CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG ANEKA RASA :

1. Pisang dikupas, kemudian diiris tipis-tipis (tebal 2-3 mm) secara memanjang. Irisan harus segera digoreng.

2. Usahakan paling lambat 10 menit setelah diiris, irisan telah dimasukkan ke dalam minyak goreng panas bersuhu kurang lebih 170°C. Minyak harus cukup banyak sehinggga semua bahan tercelup di dalamnya. Tiap 1 kg pisang membutuhkan 3 liter minyak goreng.

Selama penggorengan, lakukan pengadukan secara perlahan. Penggorengan dilakukan sampai keripik cukup kering dan garing. Hasil penggorengan disebut dengan keripik pisang. Hasil ini sudah cukup enak untuk dikonsumsi. Tetapi jika diinginkan cita rasa yang lebih manis maka penggulaan bisa dilakukan. Gula pasir digiling sampai lembut sebanyak 1 kg kemudian tambahkan 250 ml air dan diaduk-aduk. Larutan dipanaskan sampai mendidih. Setelah mendidih, api segera dikecilkan untuk menjaga larutan gula tetap panas, tetapi tidak mendidih.

Keripik yang baru diangkat dari minyak panas, ditiriskan sebentar (1 menit) kemudian segera dicelupkan ke dalam larutan gula. Keripik segera diangkat untuk didinginkan dengan menghamparkannya di atas alat peniris.

Selain dicelupkan ke dalam larutan sirup. Keripik yang baru ditiriskan dan masih panas, segera ditaburi dengan tepung gula, kemudian diaduk pelan agar gula merata. Teknik ini juga digunakan untuk menggarami keripik.

3. Sajikan atau buat dijual.

2.Keripik Pisang Aneka Rasa Original

Bahan

  • 2 sisir pisang muda (pisang kepok)
  • 2 liter air untuk merendam
  • 1 sdt kapur sirih untuk rendaman
  • secukupnya air untuk membersihkan getah pisang
  • 1 liter minyak untuk menggoreng

Langkah – langkah Cara membuat keripik pisang beraneka Rasa Original
1. Siapkan air rendaman yaitu dengan mencampurkan air,garam dan kapur sirih. sisihkan. Lalu Bersihkan pisang dari getah menggunakan air. kemudian kupas lalu sisihkan di tempat yang kering.

2. Jika semua pisang telah dikupas,iris sampai tipis. masukkan ke air rendaman. Diamkan selama 30 menit
3. Cuci bersih pisang dengan air bersih dan tiriskan.

4. Panaskan 1 Liter minyak goreng.lalu goreng pisang hingga garing. angkat dan tiriskan.Kemudian apabila telah dingin simpan di wadah kedap udara

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Yang Enak

Bahan-bahan sebagai berikut :

  • 1 kg pisang yang setengah matang
  • 2 sendok teh garam halus
  • 400 gram gula pasir
  • air secukupnya
  • 4 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
  • 2 sendok teh air kapur sirih

Langkah-langkah Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Yang Enak :

  1. Kulit pisang dikupas next dipotong tipis-tipis dengan pemotong pisang
  2. Pisang yang sudah diiris direndam dengan air yang sudah dicampur dengan air kapur sirih, lalu didiamkan
  3. selama 45 menit kemudian ditiriskan
  4. pisang yang sudah direndam dimasukkan kedalam wadah kemudian ditambahkan garam lalu diaduk sa,pai rata
  5. Minyak dipanaskan lanjut pisang digoreng sampai matang dan kering lalu diangkat dan tiriskan
  6. Gula pasir direbus dengan air putih secukupnya hingga air mendidih sampai gula larut dalam air
  7. Daun pandan yang sudah dicuci bersih dimasukkan kedalam rebusan gula, lalu diaduk sampai wangi dan menjadi kental
  8. Keripik yang sudah digoreng dimasukkan ke rebusan gula pasir,lalu diaduk hingga rata kemudian diangkat lalu didinginkan
  9. Dan sekarang keripik pisang siap untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga

 

Demikian Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa enak dan Renyah.Untuk lebih lanjut baca selengkapnya tentang cara membuat keripik lainnya