Cara membuat keripik pepaya muda

Hai, kembali lagi nih di situs info peluang usaha rumahan…!

Kemarin penulis sudah membahas tentang cara membuat keripik buah naga, dan kali ini, penulis akan membagikan informasi tentang cara membuat keripik pepaya muda.

cara membuat keripik pepaya muda

Pasti banyak dari Anda yang belum pernah mencoba keripik pepaya muda, kan? Atau mungkin tidak pernah terpikirkan di benak anda jika buah pepaya dapat disulap menjadi keripik?

Jangan khawatir, Anda tidak sendirian lho…!

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat keripik buah pepaya muda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat buah pepaya.

Buah pepaya memiliki kandungan banyak vitamin, di antaranya folat, vitamin A, magnesium, tembaga, vitamin B, lutein, Vitamin E, viber 3, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Dengan memiliki kandungan banyak vitamin tersebut, buah pepaya bermanfaat sebagai anti inflamasi, menguatkan sistem imun, menyehatkan tulang, baik untuk penderita diabetes,juga  mencegah penyakit jantung.

Manfaat lain, buah pepaya dapat melancarkan pencernaan, mencegah degenarasi manula, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah asma.

Sekarang anda sudah tahu manfaat buah pepaya bagi tubuh. Lalu mengapa harus keripik buah pepaya? Karena kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai keripik.

Jika sedang bersantai, bersama teman-teman, nonton, atau belajar, biasanya kurang lengkap jika tidak ada keripik. Keripik merupakan cemilan yang sangat tepat untuk menemani aktifitas bersantai Anda.

Lalu pertanyaannya, mengapa harus buah pepaya? Jawabannya adalah karena buah pepaya sangatlah mudah didapatkan. Buah pepaya harganya juga sangat murah meriah. Bahkan anda dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah Anda.

Bagaimana cara memilih buah pepayanya? Buah pepaya yang dipilih adalah buah pepaya yang muda ya. Jadi kandungan airnya tidaklah banyak, jika kandungan air banyak, akan mempengaruhi citra rasanya.

Sekarang saatnya membahas cara membuat keripik pepaya muda. Yuk simak berikut ini:

Cara membuat keripik pepaya muda

Bahan pembuatan keripik pepaya muda

  • Buah pepaya muda seberat 5 kg
  • Minyak goreng sawit sebanyak 2 liter

Bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah didapatkan, bukan? Setelah menyiapkan bahan-bahannya, langsung saja ya..

Cara membuat keripik pepaya muda

  1. Kupas kulit buah pepaya dan bersihkan biji-bijinya, kemudian cuci bersih buah pepaya pada air yang mengalir,
  2. Potong-potong buah pepaya sesuai selera. Disarankan buah pepaya dipotong tipis-tipis kurang lebih 5 milimeter, sehingga akan mudah kering saat digoreng. Untuk ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kreasi Anda, misalnya kotak-kotak, bulat-bulat, setengah lingkaran, atau menyerupai donat,
  3. Buah pepaya yang sudah diiris-iris dimasukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 24 jam,
  4. Siapkan mesin vacuum frying yang sudah diisi minyak goreng. Jumlah minyak disesuaikan dengan kapasitas masing-masing mesin,
  5. Irisan buah pepaya yang sudah dingin (setelah di-freezer) dimasukkan ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying) kemudian gorenglah pada suhu 85 derajat celcius, agar keripik nantinya renyah namun tidak gosong,
  6. Jika keripik pepaya sudah dirasa kering, segera angkat keripik dari penggorengan dan taruhlah pada mesin pemisah minyak,
  7. Keripik buah pepaya siap disajikan, simpan ditempat yang kedap udara, sebaiknya di dalam plastik yang berbahan alumunium foil.

Mudah sekali bukan, cara membuat keripik pepaya muda ini? Anda patut mencobanya sesegera mungkin.

Sebagai tambahan, untuk buah pepaya yang dipakai sebaiknya buah pepaya yang berjenis pepaya Bangkok atau pepaya California. Namun yang jelas, buahnya jangan yang matang ya karena akan mempengaruhi estetika bentuk keripiknya juga nantinya.

Yuk segera berkreasi untuk membuat keripik pepaya muda dan cemilah bersama es buah yang berbahan pepaya juga. Pasti rasanya maksnyus!!!

Selamat mencoba… semoga sukses!