Cara Membuat Keripik Jagung – Saat bersantai dengan keluarga atau teman, rasanya kurang lengkap jika tidak sambil memakan camilan. Camilan adalah makanan ringan yang bukan termasuk ke dalam jenis makan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

Camilan juga merupakan makanan penghilang rasa lapar sementara waktu. Camilan biasanya berupa makanan yang renyah atau kriuk-kriuk. Rasa camilan bisa bermacam-macam, dari manis, asin, hingga pedas.

Dari sekian banyaknya camilan di dunia ini, salah satu yang menarik adalah camilan keripik jagung atau makanan renyah yang terbuat dari biji jagung. Semua orang pasti pernah mendengarnya, namun tidak semua orang tahu cara membuatnya, bukan?

cara membuat keripik jagung

Nah, artikel ini akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat keripik jagung yang enak, gurih, dan renyah. Namun sebelum itu, ada baiknya anda tahu manfaat jagung manis ini terlebih dahulu yuk!

Manfaat Jagung Manis

Jagung manis merupakan tanaman dari Amerika Tengah. Oleh penjajah Spanyol, jagung manis kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia hingga sampailah ke negera kita, Indonesia.

Jagung manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho, di antaranya adalah mengandung kalori tinggi. Jagung mengandung 86 kalori pada setiap 100 gram-nya. Selain itu, jagung juga mengandung serat tinggi. Setiap 100 gramnya, tersedia sekitar 5 % dari kebutuhan serat makanan harian.

Manfaat lain dari jagung manis adalah mengandung vitamin B kompleks. Vitamin tersebut berfungsi sebagai kofaktor enzim selama metabolism substrat. Jagung juga berfungsi sebagai antioksidan yang bak dan kaya akan mineral yang penting.

Sekarang sudah tahu kan manfaat jagung manis bagi kesehatan? Sekarang saat-nya membuat keripik jagung yang enak dan renyah ini. Yuk cek cara membuat keripik jagung di bawah ini!

Baca juga: Kegunaan Tepung Maizena Dalam Sehari-hari

Cara Membuat Keripik Jagung

Bahan-bahan untuk membuat keripik jagung

  • 2 buah jagung manis
  • 250 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 35 gram tepung sagu
  • 1 butir telur ayam (Sediakan saat sudah dikocok)
  • 1 sdt baking powder
  • ¾ sdm garam halus
  • Bumbu untuk bahan taburan secukupnya (bubuk balado, bubuk keju, atau bubuk bbq, sesuai selera)
  • Minyak goreng secukupnya

Alat-alat pembuatan keripik jagung

Cara membuat keripik jagung

  1. Pertama-tama siapkan jagung manis kemudian pipilah menggunkana mesin pemipil jagung, atau jika tidak ada mesin dapat dipipil secara manual.
  2. Biji jagung yang sudah dipipil kemudian diparut hingga halus.
  3. Siapkan wadah besar dan satukan semua bahan lalu aduk dan ulenilah hingga kalis.
  4. Ambil sedikit demi sedkit adonan untuk dipipihkan dengan bentuk sesuai selera.
  5. Adonan yang selesai dipipihkan dan dibentuk kemudian digoreng dengan minyak yang panas dan segera tiriskan jika sudah tampak matang.
  6. Keripiki jagung yang masih panas, segeralah ditaburi dengan bumbu.
  7. Keripik jagung sudah siap dinikmati dan saatnya anda memasukkannya ke dalam toples atau plastik!

Begitulah cara membuat keripik jagung yang enak dan renyah. Selain keripik jagung, jagung manis dapat dibuat berbagai olahan makanan lainnya juga.

Baca juga: Cara Membuat Emping Jagung Yang Gurih dan Renyah

Berbagai Macam Olahan Jagung

Jagung manis dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang sangat lezat. Karena rasanya yang manis, jagung ini dapat dibuat sebagai sup jagung. Untuk sarapan atau makan siang rasanya pasti sangat maksnyus.

Selain sup jagung, anda dapat membuatnya menjadi pudding jagung. Wah, pudding jagung ini dapat digunakan sebagai bekal makan siang anda atau dapat anda gunakan untuk acara-acara kecil seperti arisan atau sekadar menjamu tamu.

Membuat bubur dari bahan jagung juga merupakan hal yang menarik. Disantap di pagi hari atau malam hari tetap akan terasa nikmat.

Baca juga: Cara Membuat Tepung Jagung Untuk Berbagai Olahan Makanan