Cara membuat keripik buah

Siapa yang suka buah nih? Sepertinya tidak ada orang yang tidak menyukai mengonsumsi buah-buahan.

Sejak kecil kita diajarkan konsep 4 sehat 5 sempurna. Salah satu pilar pembangun  4 sehat 5 sempurna adalah buah-buahan.

Buah-buahan merupakan sumber penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai sumber alami dari vitamin dan mineral.

Manfaat lain dari mengonsumsi buah-buahan adalah untuk memberikan tambahan energy dengan cepat, mencegah berbagai macam penyakit, menu utama untuk diet, mengobati jerawat, dan menjadikan rambut sehat dan indah.

Biasanya, kita mengonsumsi buah-buahan dengan cara diblender sehingga menjadi jus buah, dijadikan salad, es buah, sop buah, rujak, atau bahkan dijadikan topping minuman atau kue. Namun bagaimana jika buah dijadikan keripik?

Ya, keripik! Terdengar aneh namun nyata lho! Keripik yang rasanya kriuk-kiruk itu ternyata dapat dibuat dari buah-buahan!

cara membuat keripik buah

Pertanyaannya kok bisa? Lalu buah apa yang dapat dijadikan keripik buah? Jawabannya bisa sekali dan bisa dari buah apa pun yang Anda kehendaki.

Arikel ini hadir untuk mebagikan tentang bagaimana cara membuat keripik buah yang renyah dan enak. Buahnya bisa dari buah apel, pepaya, mangga, buah naga, atau apapun yang bersifat tidak lembek, ya..

Sebagai contoh, penulis akan memberikan cara membuat keripik buah apel. Untuk Anda yang tidak menyukai buah apel dapat menggantinya menjadi buah yang anda sukai atau sesuai kreasi anda masing-masing.

Penasaran bagaimana cara membuat keripik buah apel ini? Simak berikut ini yuk…!

Cara membuat keripik buah apel

Bahan-bahan pembuatan keripik buah apel

  • Buah apel seberat 5 kg
  • Minyak goreng sawit sebanyak 2 liter

Langkah-langkah membuat keripik buah apel

  1. Kupas kulit buah apel menggunakan pisau bersih atau dengan alat pengupas buah agar lebih cepat, kemudian bersihkan biji-bijinya dan cuci bersih buah apel pada air yang mengalir,
  2. Potong-potong buah apel sesuai selera. Disarankan buah apel dipotong tipis-tipis kurang lebih 5 milimeter, sehingga akan mudah kering saat digoreng. Jika memungkinkan bisa menggunakan alat pemotong buah agar lebih cepat. Untuk ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kreasi Anda, misalnya kotak-kotak, bulat-bulat, setengah lingkaran, atau menyerupai donat,
  3. Buah apel yang sudah diiris-iris direndam dalam air kurang lebih 30 menit dan dimasukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 24 jam,
  4. Siapkan mesin vacuum frying yang sudah diisi minyak goreng. Jumlah minyak disesuaikan dengan kapasitas masing-masing mesin,
  5. Irisan buah apel yang sudah dingin (setelah di-freezer) dimasukkan ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying) kemudian gorenglah pada suhu 85 derajat celcius, agar keripik nantinya renyah namun tidak gosong,
  6. Jika keripik buah apel sudah dirasa kering, segera angkat keripik dari penggorengan dan taruhlah pada mesin pemisah minyak,
  7. Keripik buah apel siap disajikan, simpan ditempat yang kedap udara, sebaiknya di dalam plastik yang berbahan alumunium foil.

Nah teman-teman, itulah langkah cara membuat keripik buah apel yang renyah dan lezat. Baca juga artikel lain mengenai resep membuat keripik buah naga ini ya..!

Jika anda sudah tahu bagaimana cara membuat keripik buah ini, sebaiknya anda segera membuatnya. Jika anda termasuk orang yang menginginkan kreasi Anda mendapatkan hasil, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berbisnis keripik buah ini!

Jadi bagaimana? Apakah ingin membuat keripik buah untuk usaha bisnis atau ingin berkreasi saja? Semua kembali kepada Anda!

Selamat berkreasi, terima kasih..