Resep Juragan Keripik!! Cara Membuat Keripik Bayam Mudah

Cara Membuat Keripik Bayam

Cara Membuat Keripik Bayam – Bayam merupakan tanaman jenis sayur. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran dengan sumber zat besi yang penting. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik.

cara membuat keripik bayam
cara membuat keripik bayam

Sayuran Bayam

Bayam awalnya sering dikenal sebagai tumbuhan hias. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dimana saja, baik didataran rendah maupun didataran tinggi. Bayam dapat tumbuh sangat baik pada tanah subur dan banyak sinar matahari.

Jenis Bayam

Petik/ Bayam Kakap (A. hybridus)

Jenis bayam ini banyak ditemukan secara liar di pedesaan, bayam petik/bayam kakap biasanya hanya di petik daunnya saja. Bayam jenis ini memiliki daun lebih tebal dan besar dari bayam yang biasa ada dipasar. Bayam ini seringnya dimanfaatkan untuk lalapan atau sering juga ditumis bahkan ada yang membuatnya sebagai keripik bayam.

Cabut (A. tricolor)

Bayam cabut biasanya di panen dengan cara dicabut kemudian dijual kepasar, batangnya cukup lunak kerena saat masih kecil bayam ini sudah dipanen, biasanya maksimal ditanam paling lama hingga umur 25 hari.

Duri (A. spinosus L.)

Bayam ini mirip dengan bayam petik namun lebih kurus dan memiliki daun agak runcing, pada pangkal dan cabang terdapat duri-duri. Bayam ini biasanya digunakan sebagai obat alternatif, ampuh untuk mengatasi demam, eksim, bisul, TBC, sakit tenggorokan dan banyak lagi.

Itik (A. blitum)

bayam jenis ini memiliki daun kecil dan lebih halus. ciri khas dari bayam ini memiliki daun lebih kecil dari bayam cabut, daun dari tanaman ini memiliki perbedaaan dengan warna kemerahan pada bagian tangah dan pada bagian pinggir daun berwarna hijau.

Bayam merah

Jenis ini sangat berbeda dengan bayam yang lain karena sesuai dari namanya, bayam ini memiliki warna yang tidak biasa yaitu merah pada bagian daun hingga batang.

Kandungan Gizi

Dalam 100 gram daun bayam terdapat 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Dalam 100 g Bayam terdapat :

  • Energi              36   kal
  • Protein             3,5  g
  • Lemak             0,5  g
  • Karbohidrat    6,5  g
  • Serat               0,8  g
  • Kalsium         267    mg
  • Fosfor            67   mg
  • Besi               3,9 mg
  • Vitamin A     6.090   IU, B1   0,08 mg, C     80     mg
  • Air                86,9   g

Manfaat Bayam

  1. Memerangi Sel Kanker

Di dalam sayur bayar mengandung flavonoid, asam folat, serat, vitamin C dan vitamin A memiliki fungsi untuk melawan sel kanker. Atas kandungan tersebut bayam bisa mengurangi ancam terkena penyakit kanker terutama kanker perut, kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara dan kanker rahim.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Sayur bayam adalah sumber vitamin A dan kandungan tersebut sangat efektif untuk meningkatan penglihatan mata.

  1. Dapat Menyehatkan Jantung

Pola hidup yang kurang sehat bisa menyebabkan terserang penyakit jantung dan memiliki resiko besar terkenan serang jantung. Maka cobalah untuk mengkonsumsi bayam untuk menghindari serangan jantung. Semua nutrisi ini menjadikan khasiat sayur bayam bisa membuat organ jantung untuk lebih terlindungi kesehatannya setiap saat.

  1. Menghindari Penyakit diabetes

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam bayam meiliki manfaat untuk meningkatkan dalam menghindari komplikasi yang timbul seseudah penyakit diabtes. Dengan mengkonsumsi sayur ini dengan teratur akan mendukung untuk menghindari dari berfluktuasi yang terlalu banyak dan dapat menyeimbangkan gula darah.

  1. Meningkatkan Memori dan Melindungi Kesehatan Otak

Dengan bertambahnya umur, maka daya utnuk menginngat hal apa saja akan menurun. Untuk menambah daya ingat dan  melindungi kesehatan otak caranya cukup dengan mengkonsumsi bayam dengan teratur bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Menguatkan Sendi dan Tulang

Di dalam khasiat sayur bayam memiliki kandungan kalsium yang dapat menguatkan seluruh tulang di dalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi terkena osteoporosis dan dapat mencegah osteoporosis dari sekarang dengan mengkonsumsi bayam secara teratur.

  1. Melindungi Sistem Pencernaan

Sayur bayam memiliki kandungan serat yang melimpah dan sangat tepat melindungi sistem pencernaan di dalam tubuh agar tetap sehat.

  1. Menghindari Penyakit Anemia

Bayam adalah sumber zat besi yang sangat efektif. Zat besi dibutuhkan untuk menghindari penyakit anemia dan berfungsi untuk memperbanyak atau meregenerasi sel darah merah, sehingga bisa menghindari terserang penyakit anemia.

  1. Membuat Kulit Menjadi Sehat

Khasiat sayur bayam yang selanjutnya yaitu bisa menyehatkan kulit. Sebab bayam memiliki kandungan vitamin A yang melimpah sehingga bisa mejadikan kulit tampak lebih sehat dan bisa saja retensi kelembaban yang baik bagi epidermis yang pada ujungnya bisa melawan keratisasi, jerawaym psoriasis serta keriput.

  1. Bermanfaat Dalam Masa Pertumbuhan

Bayam yang miliki kandungan mineral dan zat besi sangat efektif dalam pertumbuhan anak-anak remaja. Bukan hanya itu saja, sayur ini juga baik bagi perempuan yang sedang datang bulan. Bayam kaya akan kandungan kalori seperti terhindar dari kolesterol dan rendah lemak daripada daging merah.

Cara Mengolah Bayam

Cara mengolah bayam cukup mudah, yang pertama harus dilakukan adalah mencuci bersih bayam dan memotong-motong sesuai selera untuk dimasak. Perlu Anda ketahui, bayam sangat mudah matang. Sebaiknya Anda menambahkan bayam pada saat masakan hampir matang supaya tidak terlalu lembek dan mengurangi zat besi yang terkandung di dalamnya.

Olahan lain dari bayam adalah keripik bayam, untuk pembuatan keripik bayam mari simak bahan dan langkah – langkah membuatnya :

Cara Membuat Keripik Bayam

cara membuat keripik bayam
cara membuat keripik bayam

Kandungan gizi: 83 gram kalori, 5 gram protein, 5 gram lemak, 7 gram karbohidrat

Alat dan bahan:

  • 200 gram daun bayam
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung kanji
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbat
  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • ¼ sdt garam
  • Air secukupnya
  • 1 sdt minyak

Cara membuat keripik bayam:

  1. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan kunyit.
  2. Siapkan mangkuk, lalu masukkan tepung beras, tepung kanji, dan air secukupnya. Aduk hingga adonan mengental.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air hingga sedikit encer.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, lalu kecilkan apinya jika sudah panas. Celupkan daun bayam ke dalam adonan, kemudian goreng satu persatu sampai kuning keemasan.
  5. Ulangi hingga bayam habis. Lalu tiriskan.
  6. Setelah dingin, simpan keripik bayam dalam wadah tertutup.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Keripik Bayam yang bisa kami sampaikan. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi anda jika ingin mencoba membuat dan memproduksi keripik bayam buatan anda sendiri.

Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, keripik bayam ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, karena keripik bayam menjadi salah satu makanan olahan dari bayam yang cukup banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Tentu untuk menjadikan keripik bayam sebagai bisnis, keripik ini perlu dikemas dengan menarik. Untuk mengemas keripik bayam dapat menggunakan mesin pedal sealer untuk memudahkan pengemasan.

Anda juga dapat mencoba cara membuat selai coklat untuk usaha rumahan. Selamat mencoba…