Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa Yang Enak

Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa – Hallo Guys kali ini kita akan  membahas tentang pembuatan keripik  daun bayam aneka rasa .

Bayam dibuat keripik? Mungkin buat sebagian orang yang belum mendengar Keripik Bayam akan terdengar aneh dan tak bisa dibayangkan. Namun saat pertama menikmati keripik ini rasanya tak terlupakan krispi dan renyah. Tak kalah renyah dari keripik tempe.

Keripik daun bayam ini adalah inovasi olahan makanan dari bayam. Usaha keripik bayam aneka rasa  berkembang cukup pesat dikarenakan peminatnya juga cukup banyak.

Apalagi proses pembuatan keripik bayam juga cukup mudah.Baca Juga Artikel cara membuat keripik bayam yang enak  dan analisa bisnis yang lengkap dan detail.

Keripik bayam yang mengandung zat besi menjadi salah satu kelebihan dan Manfaat keripik bayam dari Jenis keripik lainnya. Keripik bayam juga bisa menjadi alternatif bagi ibu ibu yang anaknya kurang suka mengkonsumsi sayur bayam .

Saat ini Keripik bayam bisa temukan disupermarket dan toko makanan. Selain itu Keripik bayam juga banyak dijajakan didaerah lokawisata sebagai oleh oleh.

Biasanya harga keripik bayam ditempat wisata lebih mahal. Anda bisa membuat keripik bayam sendiri dirumah. Berikut Resep Keripik bayam

Bahan Membuat Keripik Bayam

  • daun bayam lebar 20 lbr
  • tepung beras 100 gr
  • tepung kanji 25 gr
  • santan 100 ml

Bumbu Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa Yang Enak Bingits:

  • bawang putih 3 siung
  • kemiri 3 btr
  • ketumbar 1/4 sdt
  • kunyit 1 cm
  • sdt garam 1/4

Cara membuat keripik bayam renyah:

  • ·Haluskan semua bumbu Keripik selanjutnya Campurkan dengan tepung beras, tepung kanji dan santan. Aduk sampai rata.
  • ·Celupkan daun bayam kedalam adonan bumbu dan tepung satu persatu. Kemudian Goreng dengan minyak yang cukup banyak dengan api yang kecil sambil diaduk bolak balik sesekali sampai kuning keemasan. Angkat Kripik dan tiriskan.
  • · Simpan kripik bayam ke dalam toples kedap udara supaya keripik tetap renyah.
  • Keripik bayam renyah siap di nikmati, hidangkan dengan saus sambal pedas agar lebih nikmat dan mantap. Kripik bayem cocok sekali dijadikan cemilan saat santai bersama keluarga. Seperti aneka jenis kripik lainnya Keripik bayem ini juga nikmat dijadikan lauk pauk .

Agar hasilnya renyah dan tidak mlempem gunakan minyak yang cukup banyak dengan api sedang dan saat menggoreng jangan terlalu banyak memasukan bayam.

Manfaat Bayam Aneka Rasa  dan Kandungan Nutrisinya

Bayam merupakan makanan kegemaran dari tokoh kartun terkenal, Popeye. Setiap kali mengkonsumsi bayam, Popeye berubah menjadi sangat kuat dan tak terkalahkan. Tentu bukan tanpa alasan kenapa sang penulis memilih bayam sebagai makanan super dalam ceritanya. Dalam kehidupan nyata, bayam memang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Bayam memiliki nama Latin Amaranthus tricolor Linn dan berasal dari suku amaranthaceae. Di Indonesia, terdapat dua jenis bayam, ada yang berdaun hijau ada juga yang berdau merah.

Bayam sering dikonsumsi sebagai sayur bening, campuran gado-gado, pecel, belakangan juga dijadikan keripik. Meski merupakan sayuran dengan kandungan gizi cukup tinggi, namun bayam bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar dengan harga murah.

Kandungan Nutrisi Bayam

Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng.

 

Kandungan Gizi yang terdapat  dalam 100 gram Bayam

Energi 36 kal
Protein 3,5 g
Lemak 0,5 g
Karbohidrat 6,5 g
Serat 0,8 g
Kalsium 267 mg
Fosfor 67 mg
Zat Besi 3,9 mg
Vitamin A 6.090 IU
Vitamin B1 0,08 mg
Vitamin C 80 mg
Air 86,9 g

Manfaat Bayam Aneka Rasa Untuk Kesehatan

– Bayam memang sayuran dengan harga murah. Namun kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan bayam sebagai makanan yang mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bayam untuk tubuh kita:

– Mencegah Kanker

– Serat pada bayam yang mampu mencegah sambil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) “nyangkut” di dinding usus. Selain itu, klorofil pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah kanker.

– Mencegah Jantung Koroner

– Bayam yang mengandung kolin dan inositol mampu mencegah jantung koroner. Kedua senyawa ini bahu membahu mencegah penimbunan plak.

– Kadar Gula Darah

– Kandungan seratnya dapat membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.

– Kesehatan Mata

– Luteinnya juga dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, risiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%.

– Mengatasi Anemia

– Kandungan zat besi yang ada pada bayam tak diragukan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandungan zat besinya dua kali lipat lebih banyak sayuran lainnya. Cocok diasup oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi.

– Menurunkan Berat Badan

– Bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat dan bisa menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberikan rasa kenyang di lambung. Mengkonsumsi onsumsi bayam sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan anda.

Memberikan manfaat neurologis

Peneliti di Department Neurosurgery and Physiological Science, University of California, AS, menyatakan bahwa manfaat bayam dengan kapasitas anti-oksidan yang tinggi telah dikaitkan dengan aktivitas mitokondria, yang bertanggung jawab untuk memengaruhi fungsi kognitif. Beberapa komponen dari bayam ini seperti potasium, folat, dan berbagai antioksidan diketahui memberikan manfaat neurologis bagi orang yang secara teratur mengonsumsi sayur bayam.

Folat mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer, jadi bayam adalah ide yang sangat bagus untuk orang-orang yang berisiko tinggi mengalami penurunan gangguan saraf atau kognitif. Kalium adalah bagian integral dari kesehatan otak juga, dan telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak dan peningkatan kesadaran, konsentrasi, dan aktivitas saraf.

Menguatkan otot

Manfaat sayur bayam sebagai antioksidan berkat faktor C0-Q10, yang memainkan peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung yang terus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. C0-Q10 dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

Meningkatkan metabolisme

Ada alasan mengapa dokter menyarankan menambahkan bayam dengan cara yang signifikan pada menu makanan Anda. Jumlah protein yang ditemukan dalam sayur bayam sangat luar biasa untuk sayuran apa pun, dan protein ini mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang penting bagi manusia. Protein mamalia yang dibentuk kembali membantu perkembangan dan pertumbuhan otot.

Manfaat bayam juga juga meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyembuhkan luka dan memberikan dorongan untuk seluruh metabolisme kita, mendorong semua organ berfungsi pada tingkat optimal mereka.

Juga, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa Thilakoid yang ditemukan dalam bayam dapat menunda rasa lapar dan kelaparan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Lainnya

Bayam kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi mencegah pertumbuhan janin yang cacat. Kandungan kalsium dan magnesiumnya berkhasiat menguatkan tulang dan gigi.
Catatan Penting!!!

Bagi Anda yang menderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi bayam.
Sedikit tips saat memasak bayam, jangan dipotong terlalu kecil dan dimasak sampai terlalu matang karena akan menghilangkan beberapa kandungan nutrisi di dalamnya.
Oke, itu dia informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat bayam bagi kesehatan. Meski murah, bayam kaya akan kandungan nutrisi dan khasiat kesehatan