Cara Membuat Keripik Bawang Putih

cara membuat keripik bawang putih

Cara Membuat Keripik Bawang – Hallo guys, kali ini kita akan mmebahas tentang bagaimana cara membuat keripik bawang enak dan tidak getir dilidah.

Bawang merupakan bahan bumbu yang banyak kita temui di dapur maupun diwarung – warung. Selain digunakan untuk bumbu, bawang biasanya digunakan untuk bahan rempah-rempah maupun obat untuk penyakit tertentu.Salah satu jenis dari umbi bawang adalah bawang putih.

Bawang putih adalah jenis bawang – bawangan yang berwarna putih atau kekuningan. Bawang putih dilapisi dengan kulit yang keras. Berbeda dengan jenis bawang lainnya, bawang putih berbentuk tidak seperti buku. Bawang ini mempunyai ciri khas yaitu bau yang khas dan mempunyai rasa pedas.

Bawang putih mempunyai kandungan kolesterol yang rendah dan kalium, Vitamin C dan B6, Fosfor, serta seng yang tinggi. Bawang putih juga mengandung antioksidan yang membantu regenerasi sel dalam tubuh.

Selain itu bawang putih juga terbukti membantu meredakan batuk dan pilek serta masuk angin, membantu menurunkkan gula darah, membantu menjaga sistem imun tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Bawang putih bagus dikonsumsi mentah atau dalam bentuk masakan. Sebagai bumbu utama masakan, bawang putih berperan untuk memberi rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan.

Cara Membuat Keripik Bawang Putih Gurih

Bahan:

  • 2 kg tepung terigu
  • 130 ml santan kental
  • 250 gram Bawang putih
  • 180 gram Margarine
  • 4 butir┬áTelur
  • Penyedap secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas bersih bawang putih lalu dihaluskan menggunakan ulegan.
  2. Campur bawang yang sudah dihaluskan dengan telur, santan garam dan gula serta margarine, lalu aduk sampai rata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai tercampur rata agar tidak menggumpal.
  4. Setelah seluruh tepung tercampur dengan rata membentuk adonan, ratakan menggunakan gilingan. Setelah rata, cetak adonan membentuk stik atau bentuk sesuai selera.
  5. Goreng potongan adonan sedikit demi sedikit, menggunakan api sedang, sampai matang atau warna berubah menjadi kuning keemasan.
  6. Keripik bawang yang renyah sudah siap disantap!

Jenis – jenis Bawang Putih

Bawang putih mempunyai banyak jenis, diantaranya:

a. Bawang Putih Kating

Meski bawang ini impor dari Tiongkok, bawang ini lebih disukai karena aroma dan rasanya yang enak. Dari segi fisik bawang ini mempunyai bentuk yang besar – besar dan berwarna putih bersih.

b. Bawang Putih Lanang

Bawang ini sekilas mirip bawang merah, namun hanya terdiri dari satu siung saja. Banyak orang mempercayai bahwa bawang ini dapat mengobati sakit seperti hipertensi, kolesterol, flu, dan untuk ketahanan tubuh.

c. Shin Chung

Selain bawang putih kating, bawang putih shin chung atau honan berasal dari Tiongkok. Salah satu ciri yang paling mencolok dari bawang ini adalah ukuran kerompolnya besar, tapi terdiri dari banyak siung berukuran kecil. Kebalikan dari bawang putih kating.

d. Porcelain Garlic

Bawang putih dengan rasa yang kuat ini biasanya hanya terdiri dari empat atau lima siung berukuran besar. Sehingga, jenis ini kerap mengecoh karena kemiripannya dengan elephant garlic.

Porcelain garlic banyak tumbuh di kawasan dengan hawa dingin. Setelah dipanen, bawang bisa bertahan hingga delapan bulan selama disimpan di suhu rendah.

e. Silver Skin Garlic

Silver Skin Garlic ini dikenali dari kulitnya yang lembur, batang lehernya yang lentur, kulit luarnya putih, dan kulit siungnya yang mengkilap. Bawang ini biasanyya diolah menjadi salad dressing dan dijadikan campuran bahan masakan.

f. Purple Strip Garlic

Bawang ini mempunyai warna putih dengan garis – garis keunguan. Jumlah dan intesitas keunguan ini dipengaruhi oleh keadaan tanah tempatnya tumbuh.

g. Creole Garlic

Creole garlic kelihatan sangat cantik, karena kulit luarnya putih keunguan, sedangkan bagian dalamnya berwarna burgundi mirip seperti bawang merah. Bawang percampuran antara hard neck dan soft neck garlic ini punya rasa luar biasa, kuat, tapi tidak pedas dan cenderung manis di akhir.

h. Elephant Garlic

Disebut demikian karena ukurannya yang besar besar hingga dapat menandingi ukuran sebuah telur persiungya.

Rasanya cukup unik karena berada di tengah antara bawang putih dan bawang daun. Bagi sebagian orang, rasanya lebih lembut dan enak digunakan dalam keadaan mentah dalam salad.

i. Rocambole Garlic

Rocambole garlic mempunyai rasa yang sangat kuat dan dominan secara alami. Kulit pembukusnya tipis dan berwarna agak keruh dengan garis ungu samar-samar. Warna dagingnya cenderung kecokelatan dibandingkan bawang putih jenis lainnya.

j. Black Garlic

Black garlic alias bawang putih hitam memang bukan jenis alami, melainkan didapat karena proses fermentasi. Bawang jenis ini biasanya mudah ditemukan di supermarket Korea atau China.

Rasanya sangat unik dan agak sulit dideskripsikan, karena mengandung sentuhan rasa manis, asam, sedikit pahit, dan aroma mirip karamel. Biasanya bawang putih hitam digunakan untuk saus, garnish, salad, hingga daging steak.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Setelah membahas tentang cara membuat keripik bawang putih, ada baiknya kita mengetahui manfaat yang terkandung dalam bawang putih. Berikut ini adalah manfaat dari bawang putih yang harus anda ketahui.

1. Mengatasi Pilek dan Infeksi Lainnya

Manfaat makan bawang putih yang pertama adalah dapat mengatasi pilek dan beberapa jenis infeksi lainnya. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih memiliki peran antimikroba.

2. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Meskipun menurunkan LDL (Kolesterol Baik), namun tidak berpengaruh pada HDL(kolesterolbaik) maupun trigliserida.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih mempunyai efek kardioprotektif yang signifikan pada manusia. Seperti manfaat menurunkan kolesterol, yang merupakan cara bawang putih melindungi jantung dengan cara mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi juga merupakan pemicu dari penyakit kardiovaskular. Ekstrak bawang putih mempunyai kemampuan yang signifikan baik bawang muda maupu tua.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat bawang putih bagi penderita diabetes yaitu, mengatur kadar gula darah, melawan infeksi, dan mengurangi efek komplikasi diabetes.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Kedua penyakit ini dipicu oleh stres oksidatif yang terjadi akibat radikal bebas. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Mencegah Kanker

Senyawa sulfur bioaktif dalam bawang putih dan dipercaya memiliki efek pada setiap pembentukan kanker.

8. Detoksifikasi Logam Berat

Khasiat bawang putih mentah selanjutnya adalah dapat melindungi tubuh dari kerusakan organ akibat logam berat.

9. Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Antibakteri dalam bawang putih dapat mengatasi bakteri plak gigi yang merupakan penyebab kerusakan gigi. Selaain itu, bawang putih juga dapat mengatasi beberapa infeksi mulut.

Penggunaan bawang putih dapat dilakukan bersama dengan antibiotik atau dapat digunakan untuk mngobati infeksi akibat bakteri yang resisten terhadap obat.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan meminimalkan pengeroposan tulang dengan meningkatkan kadar hormon.