Cara Membuat Kentang Parut Balado yang Enak

Hasil gambar untuk kentang parut balado

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan kentang. Salah satunya adalah stik kentang. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kentang parut balado. Tetapi sebelum itu kita akan membahas tentang pengertian, jenis, kandungan gizi, dan manfaat pada kentang.

Kentang atau Solanum tuberosum L. adalah jenis umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat. Jenis umbi ini merupakan tanaman pangan terpenting setelah beras dan gandum yang dikonsumsi manusia. Tanaman kentang tergolong tanaman berumur pendek.

Tanaman kentang tumbuh menjalar, batangnya tidak berkayu. Daun dan batangnya berwarna hijau kemerah-merahan atau berwarna ungu. Di Indonesia kentang cocok ditanam di dataran tinggi yang mempunyai iklim sejuk.

Jenis Jenis Kentang

1. Kentang Putih

Jenis kentang ini memiliki umbi yang berwarna putih. Memiliki rasa yang agak hambar. Dan memiliki tekstur yang mudah hancur. Biasanya digunakan untuk mash potato dan campuran pada cake dan kue.

2. Kentang Kuning

Pada kentang jenis ini memiliki kulit dan umbi yang berwarna kuning. Tekstur nya lebih padat dan tidak mudah hancur saat dimasak atau digoreng. Jenis kentang kuning cocok digunakan untuk dibuat stik kentang, kroket, perkedel, kentang goreng, dan baked potato. Karena itu kentang kuning memiliki harga yang tergolong mahal dari pada kentang putih.

3. Kentang Hijau

Jenis kentang ini memiliki warna hijau karena terlalu banyak terkena sinar matahari atau terlalu dini untuk digunakan. Warna kentang hijau ini berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkoloid yang memiliki sifat racun. Mengkonsumsi kentang ini dapat mengakibatkan sakit perut, sakit kepala, dan buang-buang air. Kentang ini jarang dikonsumsi karena belum cukup matang untuk dikonsumsi.

4. Kentang Hitam

Adalah kentang yang memiliki warna kulit ungu kehitam hitaman, sedangkan warna umbinya berwarna krem pucat dan terdapat lingkaran ungu. Jenis kentang ini banyak ditanam di kepulauan Shetland. Biasanya kentang hitam digunakan untuk sup, campuran sayuran, dan salad.

5. Kentang Merah

Jenis ini memiliki warna kulit yang berwarna merah. Walaupun kulitnya merah tetapi umbinya berwarna kuning. Di Indonesia kentang merah banyak di hasilkan di daerah dataran tinggi Dieng. Dieng merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil kentang merah Di Indonesia.

Kandungan Gizi pada Kentang

Serat

Serat pada kentang banyak terletak pada bagian kulit. Kentang mengandung pati dan serat yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus besar dan berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Pati pada kulit kentang juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah.

Karbohidrat

Karbohidrat sering dianggap sebagai biang keladi kenaikan berat badan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Meskipun begitu, tubuh tetap memerlukan karbohidrat, karena merupakan sumber tenaga bagi tubuh.

Protein

Protein berfungsi untuk produksi zat kimiawi tubuh seperti enzim dan hormon.Zat protein juga dibutuhkan dalam pembentukan otot, tulang, sel darah, rambut dan kulit. Kandungan protein pada kentang memang tidak terlalu banyak, yakni hanya 1-1,5% dalam kondisi segar, dan 8-9% saat kering.

Kalium

Kalium (potasium) merupakan mineral yang mendominasi kandungan gizi kentang. Mineral ini dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kadar kalium terbanyak terdapat pada kulit kentang.

Folat

Zat asam folat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Asam folat adalah bentuk sintetik dari folat. Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan kehamilan. Kandungan folat atau asam folat dapat mencegah risiko keguguran dan cacat pada bayi.

Vitamin B6

Salah satu kandungan gizi kentang adalah vitamin B6, vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah, memelihara kesehatan saraf, membantu produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh dan menunjang pencernaan protein.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Fungsi vitamin C yang paling penting di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin C terbanyak pada kentang terdapat di bagian kulitnya.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Kentang memiliki zat yang dapat mencegah bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

2. Mengurangi Kadar Kolestrol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. kandungan kalori pada kentang yang rendah, dapat dijadikan menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mencegah Resiko Batu Ginjal

Pada kentang kandungan zat besi dan kalium dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, tapi magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada sebagian orang penderita batu ginjal, kentang merupakan makanan yang tidak asing dan untuk program diet juga sering menggunakan kentang.

4. Kekuatan Tulang

Kentang adalah makanan yang baik untuk tulang, zat besi yang terdapat pada kentang dapat memastikan kentang sangat membantu dalam kesehatan dan pertumbuhan pada tulang secara keseluruhan. Kalium, zat Besi, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang adalah kombinasi yang sempurna untuk membentuk dan membangun struktur dan kekuatan tulang.

5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium  merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Kesehatan Jantung

Ada terdapat banyak zat gizi yang ada dalam sebuah kentang yang dapat membantu kerja jantung yang sehat. Serat, kalium, vitamin B-6 dan vitamin C adalah diantaranya. Kentang juga hanya memiliki kandungan kolesterol yang rendah dan sangat baik untuk Jantung.

Cara Membuat Kentang Parut Balado yang Enak

Resep 1

Bahan:

  • 1 kg kentang
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 10 cabai keriting
  • 10 cabai kecil
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng
  • 100 ml air
  • 1 sachet royco
  • Secukupnya gula merah

Cara Membuat:

  1. Kupas kentang, parut ukuran korek api, cuci bersih, tiriskan
  2. Goreng kering & krispi
  3. Bersihkan bumbu, cuci, blander dan sisir gula merah
  4. Tumis bumbu hingga matang, campur gula merah, aduk rata sampai gula cair dan bumbu kental merata
  5. Masukkan kentang krispi, aduk rata hingga matang sempurna, angkat dinginkan, bisa untuk lauk, sisanya ditaruh toples, bisa tahan sampai 4 hari.

Resep 2

Bahan:

  • 5 buahkentang
  • 2 sdmair asam jawa
  • 2 sdtgula pasir
  • secukupnyakaldu bubuk
  • secukupnyagaram
  • 3 lembardaun salam
  • secukupnyaminyak goreng

Bumbu Halus:

  • 7 siungbawang merah
  • 5 siungbawang putih
  • 10 buahcabe keriting merah

Cara Membuat:

  1. Kupas kentang, parut atau iris tipis2 cuci bersih hingga airnya bening. Setelah kentang bersih, tambahkan garam secukupnya rendam selama 30 menit.
  2. Goreng kentang hingga kering, tiriskan diatas kertas
  3. Tumis bumbu halus dan daun salam, tambahkan air asam jawa, garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak hingga bumbu matang
  4. Matikan api, masukan keripik kentang aduk hingga bumbu merata. Keripik kentang balado siap disajikan.