Cara Membuat Kembang Gula untuk Kue Kering

Cara Membuat Kembang Gula untuk Kue Kering tidaklah susah asal kita suka berkreasi dengan baik. Karena dengan kita pintar berkreasi akan menghasilkan sesuatu yang indah.

Kue kering yang polos akan menjadi lebih cantik dengan olesan gula warna-warni. Membuat ‘sugar glaze’ gampang-gampang susah. Karenanya perlu perhatikan triknya. Sugar glaze adalah sebutan untuk hiasan kue , seperti kue kering, donat dan muffin, yang sering kali di pakai adalah pada kue kering, dengan adanya sugar glaze ini kue akan jadi lebih menarik dengan tampilan warna dan gaya hiasan pada kue tersebut. Sugar Glaze dikenal dengan sebutan Glazuur.

Cara Membuat Kembang Gula untuk Kue Kering

Bahan Cookies :

  • 700 gr Tepung Terigu Kunci Biru
  • 250 gr Gula Halus, gula pasir diblender (saya pake 200 gr aja)
  • 350 gr margarin (palmia/blue band)
  • 100 gr mentega (wysman/segitiga)

Bahan Icing :

  • 400 gr Icing Sugar (fiesta)
  • 90 gr putih telur
  • secukupnya pewarna cair merah, kuning, hijau, biru

Cara Membuat Kembang Gula untuk Kue Kering:

  1. Kocok margarin, mentega, gula halus hingga rata. Adonan cukup sampai tercampur rata saja, bukan sampai putih.
  2. Lalu campur adonan dengan tepung. Aduk pakai spatula hingha kalis dan bisa diuleni tangan.
  3. Gilas adonan dilapisi plastik. Ketebalan sesuai selera. Sekedar tips, beri pembatas kanan kiri adonan supaya sama rata. Saya pake penggaris aja.
  4. Cetak adonan. Bisa juga dikasi stick. Lalu oven 180°C selama 10 -15 menit.
  5. Angkat cookies yang sudah matang.
  6. Campur manual (mixer belum dinyalakan) icing sugar & putih telur hingga rata. Lalu nyalakan mixer dan campur dengan kecepatan tinggi hingga adonan sedikit mengembang, tapi jangan terlalu lama mengocoknya. Masukkan dalam piping bag. Beri pewarna sesuai selera.
  7. Setelah dihias bairkan kue terkena angin hingga mengering. Selanjutnya kemas kue dalam wadah bertutup rapat atau dalam kantong yang diikat kuat. Karena lapisan gula mudah meleleh jika terkena udara dan akan membuat kue mudah lembek.

Jenis Kembang Gula untuk Hiasan Kue Kering

  1. Butter cream merupakan campuran dari mentega, gula dan susu yang dikocok hingga lembut. Butter cream biasa digunakan untuk menghias kue tart, cup cakes, rainbow cake,
  2. Royal Icing merupakan lapisan gula putih murni yang mengering dengan halus dan bertekstur keras.
  3. Fondant atau Plastic Icing merupakan bahan dekorasi kue yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk mengcover cake dan dapat juga untuk membentuk ornament-ornamen pada kue seperti pita, bunga, figur juga renda.
  4. Gum Paste merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mendekorasi cake. Saat menjadi adonan, teksturnya akan seperti fondant, namun jika didiamkan ia akan mengeras.

Baca juga: Jenis Usaha Sampingan Di Pedesaan