Cara Membuat Kecap .Kecap adalah produk cair yang diperoleh dari hasil fermentasi dan atau cara kimia (hidrolisis) kacang kedelai (Glycine max L.) dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan yang diizinkan (SNI 01-3543-1994).

Kecap dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kecap Jepang dan kecap Cina. Perbedaan utama kedua jenis kecap ini adalah bahan baku utama yang digunakan.

Kecap Jepang biasanya menggunakan campuran antara kedelai kuning dan gandum dengan perbandingan 1:1, memiliki viskositas yang rendah dan warna kecap yang kurang gelap jika dibandingkan dengan kecap Cina.

Sementara itu, pada kecap Cina biasanya hanya menggunakan kedelai saja. Kecap Cina memiliki viskositas yang lebih tinggi dengan warna kecap yang lebih gelap (Rose, 1982).

Kecap yang biasanya dibuat dari kedelai diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kecap kedelai manis dan kecap kedelai asin (SNI 01-3543-1994). Penelitian sebelumnya telah dilakukan terhadap sifat kimia dari beberapa jenis kecap oleh Judoamidjojo et al. (1985)

. Penelitian dilakukan terhadap 8 kecap di Indonesia dari daerah Sumatera, Jawa, dan Celebes dengan klasifikasi sebagai berikut: 4 kecap manis, 3 kecap asin, dan 1 kecap kental. Parameter yang diukur adalah protein kasar, lemak, abu, karbohidrat, total Nitrogen, formol Nitrogen, dan kadar garam.

 

RESEP KECAP ASIN SEDERHANA

BAHAN :

  • Kacang kedelai
  • Garam dapur secukupnya

CARA MEMBUAT KECAP ASIN :

  1. Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang (aspergillus sp dan Rhizopus sp) menjadi semacam tempe kedelai,
  2. Kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif terhadap pertumbuhan mikroba. Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut. Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Zygosaccharomyces (khamir) dan Lactobacillus (bakteri). Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi tersebut terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%.

RESEP KECAP ASIN GURIH

BAHAN :

  1. 1 kg kacang kedelai
  2. 2 kg garam dapur
  3. 3 ons lengkuas
  4. 1 ons serai
  5. 8 lembar daun salam
  6. 1 ons jahe
  7. Ragi tempe secukupnya
  8. Air bersih secukupnya
  9. 1 atau 2 ons bawang putih

CARA MEMBUAT KECAP ASIN :

  1. Kedelai dicuci kemudian direndam selama 10 jam.
  2. Kemudian kedelai direbus hingga masak.
  3. Setelah masak kemudian ditebar diatas tampi. Setelah dingin taburi dengan ragi tempe yang telah di haluskan.
  4. Pindahkan kedelai ke dalam panci yang di beri alas daun pisang, terus di tutup dan dibiarkan selama 2-3 hari.
  5. Kemudian kedelai di jemur sampai kering dan di tampir hingga cendawan hilang.
  6. Kemudian di rendam dengan air 4 liter selama satu hari.
  7. Kedelai di saring, bekas rendaman inilah yang diambil sebagai biang sari kecap.
  8. Bumbu dihaluskan dan dicampurkan dengan sari biang kecap, selanjutnya dimasukkan sampai mendidih. Dengan demikian kecap asin telah jadi.
  9. Kemas dalam botol kaca atau kemasan plastik tebal dan siap dipasarkan atau dijual.

Demikian artikel tenang Cara Membuat Kecap semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Terimakasih.