Ini Dia Cara Membuat Gula Merah Dari Tebu Yang Perlu Anda Ketahui

Ini dia cara membuat gula merah dari tebu yang perlu Anda ketahui yaitu selain dari pohon kelapa atau aren, gula merah bisa dibuat dari tebu.

Siapa sih yang gak kenal dengan nama gula merah? Kalian pasti sudah tahu kan. Selain gula pasir yang biasnya kita konsumsi terbuat dari tebu, ternyata gula merah pun bisa diolah dari bahan tebu juga.

Para pembuat ini bisa diolah oleh industri-industri rumah tangga atau industri kecil dengan menggunakan peralatan dan teknologi yang lumayan sederhana.

Jika Anda ingin membuatnya untuk dijadikan usaha atau lain sebagainya, disini kami akan memberikan langkah dan cara pembuatannya.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Gulali Karamel Dengan Gula Jawa Tanpa Ribet

Langkah Dan Cara Membuat Gula Merah Dari Tebu

Alat-Alat Yang Perlu Anda Gunakan :

  • Mesin penggiling tebu.
  • Drum penampung nira.
  • Slang berbahan plastik.
  • Tungku dengan lubang 10 buah atau sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  • Anyaman bambu.

Bahan Yang Dibutuhkn :

  • Tebu

Cara Membuatnya :

  1. Langkah  pertama yang Anda lakukan adalah membersihkan batang tebu yang telah dipanen dan ditebang dari bagian-bagian pucuk tebu, akar yang ada oleh ruas, dan tanah atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit luar tebu.
  2. Setelah itu, giling batang tebu yang sudah dibersihkan tadi dengan alat penggiling, jadi bisa menghasilkan air nira tebu yang berwarna keruh, air niranya itu kalau kita coba rasanya manis mentah.
  3. Kemudian salurkan nira melalui selang plastik, lalu tampung dalam drum atau wadah sambil disaring dengan kain penyaring untuk membuang sisa-sisa ampas tebunya.
  4. Jika sudah, Anda masukkan nira yang sudah bersih ke dalam wajan.
  5. Letakkan wajan pada tungku yang bentuknya memanjang secara berurutan atau berderet, jadi satu tungku tersebut bisa menampung 8-10 wajan dari depan ke belakang, cara ini dilakukan kalau kita buatnya dalam jumlah banyak loh ya, jika cuma sedikit ya gak perlu, disesuaikan dengan kebutuhannya saja.
  6. Berikutnya,  tambahkan 0,2% kapur ke dalam wajan untuk memisahkan zat-zat yang buka gula dan biar gulanya jadi tidak lembek.
  7. Masukkan bahan bakarnya, termasuk limbah atau ampas tebu secara terus-menerus sampai niranya mendidih, kalau sudah Anda saring nira tersebut.
  8. Kemudian panaskan kembali niranya untuk bisa menguapkan airnya. Nah selama penasan adonan ini, kita buang buihnya yang mengapung di permukaan air niranya, biar gak memengaruhi mutu gula yang dihasilkan. Jadi harus di cek secara berkala ya. Setelah itu diuji.
  9. Setelah itu, angkat nira kentalnya ke dalam wadah besar sambil kita aduk-aduk selama kurang lebih 15 menit biar cepat dingin, gak lengket, dan warnanya jadi lebih kuning. Kalau suhunya sudah mencapai 60 celcius, kristalnya itu bisa segera kita cetak.
  10. Masukkan nira kental ke dalam cetakan atau wadah atau tumbu atau mangkok atau lainnya, lalu dibiarkan selama beberapa waktu sampai dingin menjadi gula merah.
  11. Jika sudah, langkah terakhir itu mengemas gula merahnya dalam karung atau kemasan lainnya.

KETERANGAN :

Pada langkah pengujian Anda lakukan pengujian nira kental dengan cara meneteskan niranya ke dalam air dingin. Jika misalkan tetesannya itu memadat di dalam air, berati pemanasannya sudah cukup, jadi nira kentalnya bisa segera untuk Anda cetak.

Namun, jika tetesannya itu belum menyebar atau larut dalam air, berati pemanasannya harus tetap Anda lanjutkan sampai cukup atau benar-benar untuk bisa Anda cetak.

Baca juga : Ini Dia Resep Bakso Sapi Kenyal Alami Tanpa Menggunakan Micin

Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan begitu, Anda bisa membuat gula merah dati tebu untuk Anda jual atau membuka usaha dirumah.

Demikian artikel tentang langkah dan cara membuat gula merah dari tebu dengan resep mudah untuk Anda lakukan dirumah yang kami sampaikan semoga sangat bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga SUKSES!