Cara Membuat Gula Merah dari Gula Pasir

Cara Membuat Gula Merah dari Gula Pasir menyenangkan karena Gula merupakan sembilan bahan pokok kebutuhan rumah tangga yang tak pernah lepas dari sorotan masyarakat. Tak kalah heboh dari kelangkaan minyak goreng, kelangkaan gula di pasaran juga kerap bikin pejabat negara pusing tujuh keliling untuk memutuskan apakah sudah waktunya membuka keran impor atau tidak.

Butiran manis itu memang sudah lekat dalam keseharian kita. Pagi hari, kita biasa menyeruput segelas teh atau kopi yang diseduh dengan gula. Saat makan siang, lauk atau sayur yang kita santap juga biasanya dibubuhi gula sebagai penyedap. Hingga malam hari, kita akan kembali menyeruput seduhan kopi dan gula. Apa jadinya kalau sehari saja kita tak bisa mengkonsumsi gula? Cuma, sadarkah Anda kalau gula bukan sebatas pemanis di mulut saja? Gula memiliki banyak manfaat bagi tubuh.Tapi, jika konsumsinya berlebihan, dia akan berbalik jadi sumber penyakit.

Biarpun ada banyak jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, atau gula jagung, kandungan gizinya tetap serupa. Bila sudah dicerna tubuh, semua ragam gula itu akan berubah jadi glukosa dan fruktosa.

Cara Membuat Gula Merah dari Gula Pasir

Manfaat Untuk Kesehatan

Banyak orang tidak mengetahui bahwa gula jawa atau juga disebut sebagai gula merah, memiliki banyak manfaat kesehatan dibandingkan gula tebu/putih. Selain memberikan rasa manis (tapi rendah kalori), di bawah ini kita bisa mengetahui cara membuat gula merah dari Gula Pasir.

Pembuatan Gula Merah Dari Gula Pasir

Istilah gula merah biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Tetapi pembuatan Gula merah Bisa Juga Dari Gula Pasir.

Bahan

  • 50 kg gula Pasir
  • 1 kg Kapur Sirih
  • 20 buah congklak dari Kayu,untuk cetakan gula merah
  • 2 Buah Wajan Besar

Cara Membuat Gula Merah dari Gula Pasir

  1. Masukan Gula Putih 50 kg kedalam Wajan Besar.
  2. Campurkan 7 Gayung Air Putih.
  3. Lalu masak sampai mendidih, usahakan api tetap nyala.
  4. Setelah 1 jam masukan kapur sirih 1 kg lalu aduk 1/2 Jam lagi, nah Gula sudah siap masak.
  5. Lalu pindahkan Gula tadi Ke wajan yang satu lagi tanpa api, lalu aduk lagi sehingga buihnya tak ada lagi.
  6. Masukan gula tadi kedalam masing-masing lubang congklak.
  7. Selesai maka jadilah Gula Merah/Gula Jawa.

Simak juga Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas