Cara membuat es krim sendiri –  artikel yang dikhususkan untuk anda yang sangat penasaran bagaimana membuat es krim. Namun, sebelum menuju ke resep cara membuat es krim, apakah anda tahu asal-usul es krim itu bermula?

Asal-usul Es Krim

Tidak banyak orang yang tahu bagaimana asal-usul es krim itu bermula. Kebanyak orang hanya menjadi penikmat es krim saja tanpa mengetahui bagaimana sejarahnya.

Jadi ceritanya, dahulu kala, seorang raja bernama Kaisar Tang dari Dinasti Shang, Cina, adalah raja yang sangat teliti terhadap citra rasa makanan. Dia mengumpulkan juru masak yang memiliki jenjang keahlian masing-masing.

Ketika itu, sesorang menyajikan es yang diambil dari salju. Kaisar tidak langsung menyantap dan justru meminta juru masaknya untuk mencampurkan es tersbut dengan susu sapi, tepung, dan kapur barus.

Ternyata begitu, ya? Lalu anda tahu tidak mengonsumsi es krim itu bukan hal yang buruk seperti yang kita dengar?

Manfaat mengonsumsi es krim

Mengonsumsi es krim ternyata bermanfaat untuk kesehatan kita lho! Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi es krim dapat melindungi gigi dan gusi, karena kalsium yang tedapat pada es krim dapat membangun gusi yang kuat.

Selain itu, es krim juga dapat mengurangi peradangan karena biasanya es krim mengandung coklat. Coklat diteliti memiliki kandungan flavonoid yang dapat melindungi arteri akibat kelelahan.

Memperkuat tulang dan energy tubuh juga merupakan manfaat dari mengonsumsi es krim. Es krim yang kaya kalsium sangat mendukung untuk pertumbuhan tulang.

Penasaran banget nih bagaimana cara membuat es krim sendiri di rumah? Buat saja es krim coklat mint ini! Yuk simak langkah-langkahnya, ya!

cara membuat es krim sendiri

Cara Membuat Es Krim Sendiri (Untuk Es Krim Coklat Mint)

Bahan-bahan

  • 4 biji oreo
  • ¼ gelas coklat batangan (dipotong kecil-kecil)
  • ½ gelas whipped cream cair
  • 2 sdm gula
  • Pewarna makanan (karena yang akan dibuat adalah es krim mint, maka pilih warna hijau)
  • Ekstrak peppermint

Alat-alat

  • 2 Mangkuk kecil
  • Sendok
  • Mixer
  • Wadah beserta tutupnya
  • Pendingin/ freezer

Cara Membuat Es Krim Sendiri

  1. Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah menaruh 4 biji oreo ke dalam mangkuk kecil kemudian remuklah oreo tersebut menggunakan sendok. Oreo diremuk hingga menjadi potongan-potongan yang kecil.
  2. Siapkan mangkuk yang lain lalu tuangkan whipped cream cair ke dalamnya kemudian aduklah menggunakan mixer selama 1-3 menit. Pastikan mengaduknya dengan kecepatan yang lambat.
  3. Ambil pewarna makanan kemudian teteskan sebayak dua tetes ke dalam adonan whipped cream cair tadi dan disusul dengan mencampurkan ekstrak papper mint. Aduk selama 30 detik hingga warna hijaunya tercampur secara merata.
  4. Campurkan gula, oreo, dan coklat batangan yang telah dipotong kecil-kecil tadi dengan adonan whipped cream cair. Aduk-aduk hingga merata. Jika perlu cicipi terlebih dahulu apakah manisnya sudah pas atau belum.
  5. Pindahkan campuran adonan tadi ke dalam wadah yang dapat ditutup dengan rapat.
  6. Masukkan adonan ke dalam freezer selama kurang lebih 1 jam agar teksture es krim padat.
  7. Keluarkan es krim dari freezer dan nikmati es krim coklat mint yang sangat enak ini.

Itu tadi cara membuat es krim sendiri di rumah yang sangat mudah anda coba. Jika anda ingin membuat es krim dengan porsi yang besar, anda dapat membuatnya dengan menggunakan mesin pembuat es krim.

Oh iya, perlu diketahui bahwa cara membuat es krim sendiri pada zaman dahulu dan zaman sekarang berbeda sekali lho. Dahulu cara membuat es krim sendiri harus mencari es dari danau pada musim dingin.

Es dari danau itu dipotong lalu disimpan dalam tumpukan jerami. Saat musim panas itulah kemudian es krim dikonsumsi.

Namun saat ini cara membuat es krim sendiri sangat mudah sekali dan semua orang dapat mempraktikan, bukan? Yuk buat es krim-mu sendiri sekarang juga!