Cara Membuat Es Doger Kelapa Muda Simple Dan Enak!!

Cara membuat es doger kelapa muda kali ini merupakan resep paling simple dalam membuat es doger kelapa muda. Dan Yang pastinya tetap enak dan sehat jika dengan takaran yang tepat saat memuat nya.

Ada bahan tambahan dalam pembuatan es doger kali ini dari artikel-artikel yang pernah saya bagikan sebelumnya. Dalam resep ini saya menambahkan tape ketan hitam sebagai bahan tambahan nya.

Karena kitaa belum membahas tentang tape ketan hitam atau ketan hitam maka kita harus mempelajari dahulu tentang ketan hitam ini. Kalau begitu yuk simak penjelasan nya.

Tape Ketan

Tapai ketan atau tapai pulut, yakni yang terbuat dari beras ketan (beras pulut), baik dari ketan putih maupun ketan hitam. Di banyak daerah di Jawa, tapai ini biasa dibuat sendiri di rumah-rumah, terutama sebagai persediaan penganan di saat Lebaran.

Namun, tapai ini pun acap dijajakan oleh pedagang keliling di Jawa Barat (tapai ketan hitam, dalam kombinasi dengan uli sebagai tape uli); atau dalam kemasan kecil-kecil, tapai ketan putih terbungkus daun (jambu air, atau waru) di pasar lokal di Kuningan dan di Pangandaran.

Tapai ketan dari Kuningan bahkan telah dikemas secara modern dengan kardus.

Dalam pembuatan tapai ketan, beras ketan dimasak dan dikukus terlebih dahulu sebelum dibubuhi ragi. Campuran tersebut dilindungi dari udara terbuka dengan membungkusnya oleh daun dan diinkubasi pada suhu 25-30 °C selama 2-4 hari.

Daun yang digunakan bermacam-macam, tergantung dari sumber daya yang tersedia, tetapi biasanya digunakan daun yang lebar dan permukaannya licin. Tapai ketan yang siap dihidangkan biasanya mengandung alkohol dan teksturnya lebih lembut.

Daun yang digunakan biasanya adalah daun pisang, namun di beberapa tempat daun lain juga digunakan, misalnya daun jambu (Sizygium) atau karet para (Hevea brasiliensis).

Istilah Tape Di Berbagai Daerah

Sebagian besar tapai dibuat dari fermentasi beras ketan (Oryza sativa) atau singkong (Manihot esculenta). Masyarakat Jawa Barat lebih mengenal tapai singkong dengan sebutan peuyeum, sedangkan masyarakat Jawa Timur lebih sering menyebutnya tape puhung. Orang Banyumas menyebutnya tapè budin atau kenyas.

Cara Membuat Es Doger Kelapa Muda :

Nah untuk kalian yang sudah penasaran dengan resep nya sekarang kita simak cara membuat es doger kelapa muda.

Bahan-bahan untuk Cara Membuat Es Doger Kelapa Muda :

  • Es serut secukupnya.
  • Sirup secukupnya, rasanya sesuai dengan selera anda.
  • Santan sebanyak ¼ lt.
  • Tape ketan hitam masak sebanyak 200 gram.
  • Gula sebanyak 400 gram.
  • Tape singkong sebanyak 200 gram.
  • Kelapa muda sebanyak 600 gram.
  • Susu kental manis sebanyak 1 sachet.

Cara Membuat Es Doger Kelapa Muda :

  1. Tuangkan santan ke dalam panci kemudian nyalakan kompor. Setelah mendidih, masukkan gula. Kemudian dinginkan campuran santan dan gula tersebut.
  2. Campuran santan dan gula yang sudah dingin kemudian dimasukan ke dalam freezer sampai membeku. Setelah membeku, hancurkan es santan tersebut dengan menggunakan mixer.
  3. Kemudian campur dengan kelapa muda.
  4. Selanjutnya, siapkan gelas atau wadah untuk es doger. Lalu tata es serut ke dalam gelas serta bahan-bahan lainnya seperti tape singkong, tape ketan hitam, dan roti tawar. Tambahkan sirup dan susu kental manis di atas es doger.
  5. Es doger sudah siap untuk dihidangkan.