Jangan Dilihat!!! Cara Membuat Dimsum Udang ini Bikin Kamu Ketagihan..

cara membuat dimsum udang  – Dimsum udang adalah salah satu makanan yang sering dikosumsi dan disukai orang – orang Asia khususnya wilayah Asia Timur. Makanan ini mirip dengan siomay, yang membedakan antara dimsum dengan siomay terletak pada bahan baku pembuatannya dimana dimsum dibuat dengan menggunakan bahan baku dari seafood.

Dimsum banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Cita rasa dari dimsum itu enak dan gurih, bumbunya juga meresap. Resep dimsum ini selain memberikan cita rasa yang khas, saat digigit pun akan terasa empuk dan lembut.

Kandungan gizi udang yang terkandung dalam resep cara membuat dimsum dibawah bagus sekali untuk pemenuhan gizi anak-anak ataupun orang desa. Selain itu ayam yang digunakan juga banyak mengandung protein, vitamin dan mineral penting.

Selain itu, proses cara membuat dimsum ini jauh lebih sehat. Dengan direbus, resep dimsum ini tentu tidak banyak mengandung kolesterol jahat yang sering didapat dari resep masakan yang digoreng.Dahulunya Dimsum ini menjadi sarapan khas di daerah Hongkong. Bentuknya yang sengaja dibuat kecil supaya mudah saat akan dinikmati dalam sekali suapan saja.

Di Cina biasanya dimsum justru dinikmati bersama teh saat pagi datang.Dimsum dihidangkan bersama dengan daging, makanan laut, dan sayur-sayuran beserta dengan pencuci mulut seperti buah-buahan atau puding. Seiring berkembangnya waktu maka dimsum bisa dikenal sampai ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Kandungan dan Khasiat Udang Untuk Kesehatan

Jangan Dilihat!!! Cara Membuat Dimsum Udang ini Bikin Kamu Ketagihan..

Mencegah anemia

Udang memiliki kandungan 21 % vitamin B12 yang disebut nutrisi penunjang produksi sel darah merah dan juga dapat membantu menghindari penyakit anemia.

Vitamin

Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya vitamin yang terdapat pada seekor udang adalah vitamin D , vitamin B12 , Niacin , vitamin E , vitamin B6 , vitamin A , vitamin C , dan lain-lain.

Sumber Mineral

Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, disusul fosfor , zat besi dan tembaga , magnesium , zinc , sodium , potassium dan kalsium , serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Sumber Nutrisi

100 % kebutuhan selenium harian kita cukup terpenuhi dengan mengkonsumsi 4 ons udang rebus. Selain itu, di dalamnya terkandung 75 % vitamin B12, 50 % Fosforus, dan lebih dari 30 % krolin dan iodin. Kandungan mineral dalam udang juga dapat menguatkan sistem imunitas tubuh serta menyumbang anti oksidan yang memerangi radikal bebas yang menyerang tubuh.

Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Protein yang terkandung dalam udang dapat membantu menjaga kesehatan dan kesuburan baik rambut, kulit dan kuku sekalipun, mengkonsumsi udang harus sesuai dengan kebutuhan jangan mengkonsumsi secara berlebih karena justru akan memberi efek negatif terhadap tubuh kita.

Meningkatkan energi

Dengan mengkonsumsi udang secara teratur dapat membantu meningkatkan energi atau kinerja kita setiap harinya, karena udang sangat kaya akan zat besi yang mampu membantu meningkatkan energi manusia.

Rendah kalori

Satu ekor udang yang berukuran sedang memiliki kandungan kurang lebih 7 kalori. Bila dimakan dalam jumlah selusin hanya akan memasok 85 kalori, 15 kalori lebih sedikit dari 3 ons dada ayam. Sedangkan udang dengan ukuran besar, memiliki kandungan 18 kalori, yang jika dimakan dalam jumlah banyak, tetap tidak akan memasok banyak kalori ke tubuh Anda.

Cara Membuat Dimsum Udang

Jangan Dilihat!!! Cara Membuat Dimsum Udang ini Bikin Kamu Ketagihan..

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 200 gr Udang yang sudah dikupas dari kulitnya
  • 1 potong Daging dada ayam
  • 2 sendok makan Tepung tapioka
  • 1 butir Putih telurnya saja
  • 2 batang Daun bawang
  • 2 siung Bawang putih
  • Kulit pangsit yang sudah siap pakai atau bisa membuat sendiri
  • 2 batang Wortel dicincang halus
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Minyak wijen 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Dimsum Udang :

  • 2 siung Bawang putih direbus dahulu
  • 1 sendok teh Tepung sagu dilarutkan dengan 1 sendok teh air
  • 6 buah Cabai rawit merah direbus dahulu
  • 8 buah Cabai merah keriting yang sudah buang sisinya lalu direbus
  • 150 ml Air bersih
  • 3 sendok makan Gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat Saus Dimsum Udang :

Jangan Dilihat!!! Cara Membuat Dimsum Udang ini Bikin Kamu Ketagihan..

  1. Haluskan semua bahan untuk membuat saus dimsum udang kecuali larutan tepung sagu menggunakan blender.
  2. Siapkan panci dan masukkan semua bahan yang dihaluskan tadi dan masukkan pula larutan tepung sagu ke dalam panci kemudian didihkan dan aduk hingga semua bahan mendidih.
  3. Saus dimsum udang siap untuk digunakan.

Bahan – bahan untuk membuat Kulit Pangsit untuk Dimsum Udang :

Jika Anda membuat kulit pangsit sendiri anda bisa mempersiapkan hal berikut:

  • 250 gram Tepung terigu berprotein tinggi
  • 100 gram Tepung tapioka
  • 1 butir Telur ayam
  • 5 sendok makan Air bersih

Cara membuat Dimsum Udang Bagian Kulit Pangsit :

  1. Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian masukkan semua bahan untuk membuat kulit pangsit kecuali tepung tapioka. Aduk – aduk hingga semua bahan tercampur merata dan kalis.
  2. Pipihkan adonan dengan cara menggilingnya sampai tipis.
  3. Lumuri adonan dengan tepung tapioka dan bagilah menjadi dua bagian adonan.
  4. Pipihkan bagian adonan dengan gilingan kayu atau juga bisa menggunakan botol kaca bekas yang panjang.
  5. Potong – potong kulit pangsit menjadi beberapa bagian dan kulit pangsit siap untuk digunakan membuat dimsum udang.

Cara membuat Dimsum Udang :

  1. Udang yang sudah dikupas dan daging dada ayam dicuci menggunakan air mengalir sampai bersih setelah itu udang dan daging dada ayam tersebut dicincang halus.
  2. Iris tipis – tipis daun bawang, wortel dicincang halus, dan bawang putih diparut.
  3. Semua bahan – bahan yang sudah dipersiapkan dimasukkan dalam sebuah wadah kemudianaduk sampai semua bahan tercampur merata. Setelah itu tutup rapat dengan menggunakan plastik dan masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.
  4. Lalu menyiapkan kulit pangsit siap pakai dan berilah isian dengan adonan udang yang sudah didinginkan di lemari es tadi, lalu tekuk keempat ujungnya hingga menempel, agar lebih mudah pada saat proses menekuk ujung kulit dimsum gunakan putih telur sedikit saja pada bagian ujung kulit tersebut.
  5. Lakukan proses yang sama sampai semua kulit pangsit habis diberi isian adonan udang.
  6. Siapkan panci kukusan yang sudah diisi air secukupnya dan bungkuslah tutup panci dengan menggunakan kain lap bersih agar uap air tidak menetes mengenai dimsum yang dikukus, lalu berilah alas dengan daun pisang pada bagian dalam panci kukusan.
  7. Tunggu sampai air mendidih.
  8. Jika air sudah mendidih, kemudian masukkan dimsum udang ke dalam panci kukusan dan jangan lupa untuk memberikan jarak antara dimsum satu dengan lainnya. Kukuslah dimsum udang selama kurang lebih 20 menit sampaidimsum udang matang.
  9. Angkat dan letakkan dimsum udang diatas piring saji.
  10. Dimsum udang siap untuk disantap.

Itu tadi tentang cara membuat dimsum udang yang mudah dan bisa anda coba dirumah. Semoga bermanfaat.