Cara Membuat Cake Coklat Pisang Yang Nikmat Dan Lembut

Cake merupakan salah satu makanan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau, cara pembuatannya yang mudah dan tidak memakan waktu yang lama, serta rasanya yang berfariasi. Makanan ini sering dihidangkan saat acara- acara tertentu maupun sebagai oleh-oleh karena terbilang cukup mewah. Berikut adalah berbagai informsi dan resep cake coklat pisang nikamat dan sederhana.

Related image

Pengertian Cake

Cake adalah produk makanan semi basah yang dibuat dengan pemanggangan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, susu, lemak, dan bahan pengembang atau tanpa penambahan bahan tambahan makanan lain yang diizinkan.

Sedangkan Cake beras merupakan cake yang dibuat dengan menggantikan tepung terigu sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita gluten intolerance.Pembuatan cake beras menggunakanlemak berupa margarin sebagai bahan pembantupembentuk citarasa, warna, aroma, kelembutan,dan moistnesscake. Penggunaan margarin menyebabkan kadar lemak cakeberas cukup tinggi.

Menurut Saputra(2013), kadar lemak cakeberas sebesar 16,84%. Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pengaruh buruk akibat konsumsi makanan berkadar lemak tinggimendorong terciptanya cakeberas rendah lemak.

Sejarah Cake

Cake dan Bolu berasal dari daratan Eropa, dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh bangsa Belanda selama masa penjajahan. Di Eropa sendiri setiap negara setiap negara sedikitnya memiliki satu jenis cake yang begitu istimewanya sehingga terkenal diseluruh dunia.

Misalnya Shachertorte dari Australia, Dobos Torte dari Hongaria, Fruit Cake dari Inggris, ScwarzWaider Kirch Torte dari Jerman, Torta Genovese dari Italia dan Moscovische dari Belanda. Selanjutnya oleh karena pada abad XVIII bangsa Eropa mulai menjelajahi daratan Amerika, maka Cheese Cake dikenal sebagai kue khas dari Amerika.

Pada awalnya, cake juga dikenal oleh bangsa Mesir kuno. Cara pengolahan dan bahan-bahannya sangat sederhana, cake ini dibuat untuk keperluan upacara-upacara keagamaan.

Saat ini, kualitas dan rasa cake pasti telah jauh berbeda, karena dengan wawasan yang semakin berkembang, pembuatan cake sering menambahkan dan mencampurkan berbagai macam bahan dan aroma dalam adonan, sehingga cake sudah sangat bervariasi, bahkan dari satu resep cake, bisa diolah menjadi beberapa variasi rasa dan aroma yang berbeda.

Jenis- Jenis Cake

1. Layer Cake

Layer cake umumnya dihias dan disajikan untuk acara-acara tertentu misalanya ulang tahun dan pernikahan. Bahan yang biasanya digunakan untuk menghias layer cake selain butter cream yaitu whipping cream dan pastry cream.

2. Birthday Cake

Birthday cake atau kue ulang tahun dapat dibuat beraneka ragam, pembuatan kue ulang tahun biasanya disesuaikan dengan umur yang berulang tahun. Misalnya untuk anak-anak atau orang dewa

3. Wedding Cake

Wedding cake biasanya dibuat untuk acara pernikahan yang dapat dinikmati keindahannya maupun untuk dicicipi cita rasanya.

4. Spesial Cake

Spesial cake biasanya dibuat untuk kesempatan-kesempatan khusus, misalnya New Year cake, Valentine cake, dan Idul Fitri Cake.

5. Sponge cake

Sponge cake adalah bolu dengan tekstur yang empuk dan lembut seperti sponge.

6. Butter cake

Butter Cake adalah bolu yang memiliki ciri lebih padat dari sponge cake namun penggunaan mentega lebih banyak.

7. Cotton cake

Cotton cake adalah kue yang memiliki tekstur lembut seperti kapas.

8. Chiffon cake

Chiffon cake adalah sejenis bolu yang bertekstur halus.

9. All in one 

All in one adalah cake yang dibuat dengan mencampur semua bahan menjadi satu hingga tercampur.

Mengenal Pisang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pisang adalah nama yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok serta tersusun menjari yang dengan disebut sisir.

Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, serta kalium. Perlu disadari, istilah “pisang” juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas.

Manfaat mengkonsumsi pisang:

  1. Pisang Mempunyai Banyak Serat, Antioksidan Dan Vitamin Yang Baik Bagi Tubuh

Sebagai salah satu buah paling populer, pisang gak lagi hanya ada di Asia tenggara, melainkan juga merambah ke seluruh dunia. Ada banyak variasi warna dan bentuk pisang.

Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

  1. Pisang Memiliki Nutrisi Yang Menyeimbangkan Gula Darah

Pisang memiliki kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut.

Itu karena pisang memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah. Meski begitu, orang dengan diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang matang.

  1. Pisang Bisa Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang kaya akan serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik di usus. Selain itu, juga melindungi kamu dari risiko kanker usus besar.

Cara Membuat Cake Coklat Pisang

Bahan Yang Digunakan:

  • 245 gram tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 75 gram coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 2 butir telur ayam ukuran besar
  • 400 gram pisang
  • 240 ml air hangat
  • 120 gram mentega
  • 120 ml susu cair
  • 2 sendok teh baking powder double acting

Bahan Coklat Ganasche:

  • 1 sendok makan mentega
  • 200 gram coklat masak blok
  • 150 ml krim kental

Tips Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan-peralatan penting yang akan anda gunakan. Seperti mesin pengukur bahan-bahan, baskom untuk membuat adonan, mixer untuk mengaduk bahan-bahan, beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung beberapa bahan-bahan. Dengan mempersiapkan peralatan-peralatan ini, maka akan semakin mudah untuk anda dapat membuat sajian kue kali ini.
  2. Untuk bahan yang akan dipersiapkan adalah tepung terigu. Masukkan tepung terigu kedalam wadah ukur dan ukur dengan ukuran yang tertera pada resep.
  3. Selanjutnya untuk pisang, potong-potong pisang dengan ukuran yang kecil. Lalu haluskan dan hancurkan pisang dengan menggunakan sendok atau garpu secara merata sampai pisang benar-benar hancur dan halus. Lalu setelah itu, sisihkan sementara.
  4. Untuk gula pasir, lakukan cara dengan menuangkan gula kedalam wadah takaran dan ukur dengan ukuran yang pas. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Sementara untuk mentega, setelah mentega diukur, masukkan mentega dalam wajan dan panaskan mentega dengan menggunakan api yang kecil. Aduk-aduk sampai mentega mencair, setelah itu angkat dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Sementara untuk sisa bahan-bahan, anda cukup mendekatkan bahan ini dari jangkauan anda dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Cake:

  1. Sebelum membuat adonan kue, olesi loyang menggunakan mentega secara merata.
  2. Selanjutya, membuat adonan dengan mengocok tepung, gula, garam, baking powder dan juga vanili.
  3. Aduk-aduk bahan ini smapai tercampur merata dan adonan berubah menjadi lebih kaku dan berwarna putih.
  4. Masukkan coklat bubuk kedalamnya bersama dengan pisang yang telah dihaluskan. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur merata.
  5. Jika semua bahan telah dimasukkan, siapkan loyang dan tuang adonan.
  6. Lalu ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula.
  7. Setelah itu, panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Cara Membuat Coklat Ganische:

  1. Masukan coklat dan semua bahan dalam panci lalu lelehkan secara merata.
  2. Tunggu hingga dingin dan siram bagian atas kue.
  3. Setelah matang, angkat dan sajikan.
  4. Selamat mencoba!

Kunjungi juga Resep Bolu Pisang Coklat Super Lembut Dan Enak Sekali Lohhh emmmmm