Rahasia Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Gurih

cara membuat bawang goreng renyahSeperti yang kita ketahui cara membuat bawang goreng renyah memang dapat dibilang gampang-gampang susah. Karena salah sedikit saja bawang goreng bisa menjadi gosong. Atau bisa juga terlalu berminyak dan bawang goreng menjadi lembek dan tidak crispy.

Oleha karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi cara bagaimana membuat bawang goreng yang renyah dan gurih. Simak juga artikel bawang goreng yang lainnya disiniĀ Rahasia Cara Membuat Bawang Goreng.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

Bahan bahan yang dibutuhkan pada resep kali ini sebenarnya cukup mudah kita temukan di dapur. Namun jangan diremehkan karena hanya membutuhkan sedikit bahan. Oke langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat bawang goreng renyah dan gurih berikut ini..

Bahan dan bumbu :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng

Cara membuat bawang goreng renyah :

  1. Kupas kulit bawang merah dan cuci bersih, iris tipis secara manual dengan pisau dapur atau dengan alat pengiris bawang untuk ketebalan yang merata.
  2. Rendam irisan bawang ke dalam larutan garam yang dicampur dengan 200 ml air selama 20 menit. Tiriskan dan buang air rendamannya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan menggunakan api kecil saja supaya nanti bawangnya tidak cepat gosong dan bisa matang merata. Tester terlebih dahulu apabila dimasukkan seiris bawang akan langsung mengapung berarti tandanya sudah cukup panas.
  4. Masukkan semua irisan bawang, jangan dulu diaduk tapi diamkan hingga berubah warna, baru boleh aduk sesekali atau jangan terlalu sering diaduk supaya bawang tidak hancur karena teksturnya masih basah.
  5. Setelah bawang teksturnya sudah mulai mengeras, maka harus cukup sering diaduk supaya tidak mudah gosong dan matang merata hingga berwarna kekuningan (jangan tunggu sampai berwarna kecoklatan nanti kegosongan) lalu matikan api. Setelah kompor dimatikan, tetap aduk terus sampai garing dan matang merata serta berwarna kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan bawang dari minyak, tiriskan hingga benar-benar kering atau bisa diletakkan ke dalam wadah yang dialasi dengan tisu agar minyaknya benar-benar menyerap dan menjadi kering. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara apabila sudah dingin agar bawang goreng tetap renyah dan tidak melempem.

Memang dalam pembuatan bawang goreng membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya agar hasilnya tidak lembek dan menghasilkan bawang goreng yang renyah dan gurih. Simak juga cara membuat camilan stik bawang unik dari ubi ungu pada artikel berikut iniĀ Camilan Unik Resep Stik Bawang Ubi Ungu.

 

SELAMAT MENCOBA.