Cara Membuat Bawang Goreng Putih, Dan Berikut Manfaatnya !

Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur orang Indonesia adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak hampir di setiap jenis masakan. Rasanya yang kuat tentu akan ampuh menambah cita rasa hidangan yang disajikan. berikut saya menjelaskan bagaimana cara membuat bawang goreng putih.

Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Dan kalian mau cara membuat bawang goreng putih juga ? Nah untuk menambah wawasan kalian yuk simak artikel ini !

Sebelum kita membahas tentang manfaat saya akan memberikkan informasi mengenai usaha makanan ringan yang mudah dibuat untuk dijual. Pertama kita akan membahas beberapa manfaat dari bawang putih terlebih dahulu ya !

Manfaat- Manfaat Bawang Putih :

1. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup  banyak.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak manfaat bawang putih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences ini diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

2. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan polisulfida pada manfaat bawang putih terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

3. Menjaga kesehatan otak

Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

4. Mengatasi jerawat

Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, berpendapat bahwa manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin saja berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan tersebut disetujui pula oleh Rachelle Wood, seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I. Menurutnya, khasiat bawang putih memang dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alaminya yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat.

Berikut saya akan memberitahu cara membuat bawang goreng putih !

Tips Mengolah Bawang Goreng Putih :

1. Pilih bawang merah yang berukuran besar

Jenis bawang merah yang digunakan untuk membuat bawang goreng sangat menentukan hasil akhirnya. Pilihlah bawang merah yang berukuran besar atau sedang dan masih segar. Selain itu, pastikan bawang merah yang dipilih memiliki kadar air yang cenderung rendah.

2. Iris bawang merah dengan tipis

Usahakan untuk mengiris bawang merah dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis, namun juga jangan terlalu tebal. Bawang yang diiris terlalu tebal akan membuat teksturnya menjadi lembek. Untuk mendapatkan hasil irisan yang tipis dan sama rata, kamu juga bisa menggunakan slicer atau alat pengiris bawang yang lebih praktis.

3. Rendam dengan air garam

Sebelum menggorengnya, campurkan satu sendok garam dengan satu liter air dan rendam bawang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Rendaman air garam tersebut akan membuat bawang terasa lebih gurih dan teksturnya menjadi lebih renyah.

4. Taburkan tepung maizena

Setelah selesai merendam bawang dengan air garam, taburkan sedikit tepung maizena agar bawang goreng terasa lebih renyah. Cukup tambahkan satu sendok tepung maizena untuk satu kilogram bawang merah dan diamkan selama beberapa menit.

5. Keringkan bawang

Letakkan bawang yang akan digoreng di atas wadah secara merata dan diamkan selama satu hingga dua jam. Cara ini dapat membuat kadar air dalam bawang merah berkurang dan menghasilkan tekstur bawang goreng yang renyah.

6. Goreng hingga berwarna keemasan

Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng agar bawang dapat terendam dengan sempurna. Selain itu, gunakan api kecil agar tidak membuatnya cepat gosong.

Jangan lupa untuk mengaduk bawang yang sedang digoreng untuk membuatnya matang dengan merata. Tiriskan segera setelah bawang goreng berwarna keemasan karena panas yang tertinggal pada minyak dapat membuatnya terlalu matang.

7. Tiriskan bawang

Setelah bawang selesai digoreng, jangan terburu-buru untuk meletakkannya di atas kertas minyak. Kadar minyak yang terserap pada kertas akan membuat bawang merah yang diletakkan di atasnya menjadi basah dan tidak renyah. Sebaliknya, tiriskan terlebih dahulu di atas peniris hingga kandungan minyaknya berkurang.