Cara Membuat Bakso Enak – Bakso adalah makanan yag paling banyak disukai masyarakat Indonesia, bahkan bakso pun sudah menyebar luas hingga seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

Bakso banyak disukai oleh masyarakat umum dikarenakan banyak vitamin yang dikandung dalam bakso tersebut. Selain enak bakso juga biasanya dijual dengan harga yang terjamin murah.

Makanan ini umumnya berasal dari daging sapi, tapi banyak juga yang melakukan inovasi dari daging ayam maupun udang.Nah, gimana cara buat akso yang enak, perlukitapelajari, karena membuat bakso tidaklah mudah, tapi bisa kok untuk dicoba.
Ni resep-resepnya untuk membuat bakso mentah….

Baca Juga : Resep Bakso Enak Resep Pentol Cilok 

cara membuat bakso enak

Cara Membuat Bakso Enak

Bahan-Bahan Yang anda Perlukan :

  • 4 Kg Daging sapi segar (jangan es2an ) pilih bagian Tepong / daging As / daging Punuk.
  • 1 gengam bawang putih yang sudah dikupas
  • 1-2 kotak garam (garam yang ukurannya kotak kecil-kecil) bila kekurangan garam bakso mudah pecah dan
  • bila kebanyakan bakso akan asin sekali
  • 50 miligram bawang merah goreng
  • 1 sendok teh merica
  • 50 mili gram Gula putih atau Gula merah (fungsinya untuk penyeimbang garam)
  • 2-3 telor ayam
  • 1 Kg Tepung Kanji (untuk perekat daging)
  • 2-3 saset masako atau royko
  • 1 saset penyedap terkecil 20 miligram

Nah ini dia yang paling penting, milih bahannya jangan sampai salah

Pilihan bahan – bahan utama untuk membuat bakso

1. Daging sapi

pilih daging sapi yang masih segar, kalau perlu yang masih berdarah. Daging sapi yang bebas urat dan sedikit lemak seperti daging lemusir dan gandik akan menghasilkan bakso yang terbaik mutunya.

Bisa juga dipakai daging penutup, paha depan, atau daging iga. Untuk bakso urat, pilih daging sengkel. Makin segar makin baik, karena daging sapi yang segar akan meghasilkan bakso yang berkualitas.

 Cara Membuat Bakso Enak


1. Membuat Adonan Bakso

untuk membuat adonan bakso, potong-potong kecil daging, kemudian cincang halus dengan menggunakan pisau tajam atau food processor atau blender. Setelah itu, haluskan daging, uleni dengan es batu atau air es  dan garam (dan bumbu lain) sampai menjadi adonan yang kalis dan plastis sehingga mudah dibentuk. Sedikit-sedikit tambahkan tepung kanji agar adonan lebih mengikat.

Penambahan tepung kanji cukup 15-20% dari berat daging, agar cita rasa daging tetap menonjol. Anda bias berkreasi dengan mencampur atau menambahkan bahan lain ke dalam adonan bakso untuk mendapatkan tekstur atau cita rasa yang lain. Misalnya, campur daging ayam dengan udang atau jamur cincang.

Bahan lain yang bias dipadu dengan daging, antara lain putih telur, tepung panir, biscuit keju atau biscuit asin lainnya, soun, tahu, daun bawang, bawang bombay, dll. Agar cita rasa bahan utama tetap menonjol, tambahkan bahan lain sedikit saja.

2. Membentuk Adonan Bakso

setelah mendapatkan adonan yang dikehendaki, anda bisa langsung membentuk bakso dengan menggunakan 2 sendok. Ambil adonan dengan sendok, lalu bentuk bulat dengan bantuan sendok satu lagi.

Bagi mereka yang mahir bisa menggunakan tangan. Ambil segenggam adonan, remas dan tekan kearah ibu jari. Adonan yang keluar dari antara ibu jari dan telunjuk akan membentuk bulatan.

Supaya adonan tidak lengket, oleskan sedikit minyak goreng pada telapak tangan anda. Adonan yang sudah dibentuk sebaiknya langsung direbus atau masukkan ke dalam air mendidih hingga matang.

Tandanya jika sudah matang : bola-bola bakso akan mengapung di permukaan air. Perebusan bakso biasanya berlangsung 10-15 menit. Setelah diangkat, tiriskan, dinginkan pada suhu ruangan

nah itu tadi resep dari saya semoga dapat membantu terima kasih