Cara Membuat Arum Manis Arbanat

Cara Membuat Arum Manis Arbanat – Arum Manis Arbanat atau yang disebut dengan Rambut nenek, jenis gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa hingga berbentuk mirip seperti mi atau seperti benang sutra.

Seiring dengan berjalannya waktu, arbanat atau rambut nenek ini yang dulunya hanya berwarna putih saja mulai dibuat dengan beragam warna. Ada yang hijau, merah muda, dan kuning. Rasa rambut nenek juga bermacam-macam. Misalnya, rasa durian, melon, rasa pandan, dan masih banyak lagi.

Sejarah Cara Membuat Arum Manis Arbanat

Ada yang unik dengan Arbanat ini karena dulunya Arbanat dijual dengan cara barter atau dengan cara menukar rambut (rontok), bukan dengan uang. Uniknya, besaran arbanat yang ditukar sama besar dengan gulungan rambut yang sudah dikumpulkan pemiliknya selama kurun waktu tertentu. Nah, kumpulan rambut ini oleh si penjual arbanat akan diteruskan ke pembuat konde atau sanggul.

Sekarang seiring dengan perkembangan zaman, Arbanat tidak lagi dijual dengan cara barter. Arbanat di Surabaya ini dijajankan oleh seorang pedagang keliling dengan alat musik khas berupa alat musik gese. Mudah ditebak jika ada penjaja makanan membunyikan alat musik geseknya, maka itu berarti penjual Arbanat. Penjaja Arbanat masih menggunakan tempat layaknya kaleng kerupuk dengan dua tutup. Satu tutup berisi Arbanat, sisanya untuk uang.

Bahan baku Arbanat adalah gula dan air. Cara membuat arum manis arbanat dimana porsi gula lebih banyak dibanding air. 2 kg gula dicairkan dengan 1 liter air hingga mengeras seperti bahan baku Gulali yang bisa dibentuk beraneka ragam. Setelah mengeras, bahan Gulali tersebut ditarik hingga menyerupai rambut halus dan kering. Itulah kenapa beberapa orang menyebutnya Rambut Nenek. Selain bentuk, warnanya yang putih pudar mirip uban.

Proses pembuatan Arbanat terbilang cukup lama. Untuk mencairkan gula, membutuhkan 2 jam proses pengadukan. Proses ini tidak boleh diabaikan. Sebab, jika lengah sedikit, gula akan kembali mengkristal. Kemudian proses penarikan dan pengeringan membutuhkan waktu 30 menit.

Cara Membuat Arum Manis Arbanat

Bahan Arum Manis Arbanat:

  • 1 kg gulaku (gula pasir yang bersih)
  • 1/4 kg terigu
  • 1/4 liter minyak goreng

Cara Membuat Arum Manis Tradisional:

  1. Gula dimasak dengan 1 gayung air sampai keluar busa dan mengental.
  2. Sebelumnya masak terigu bersama minyak goreng sampai berwarna coklat.
  3. Setelah matang dinginkan kemudian gula dibolak-balik dengan spatula sampai membentuk adonan dan aduk trus biar tidak mengeras.
  4. Kemudian siapkan meja dengan kayu ditengah meja dengan alas seng taburi terigu yang dimasak dengan minyak tadi.
  5. Olesi meja dengan minyak goreng yang ada dimasak dengan terigu.
  6. Ratakan lalu taruh adonan diatas meja buat lubang seperti donat masukkan ke kayu penopang lalu tari (nariknya harus masih panas gulanya).
  7. Tarik trus dengan cara yang sama biar gula berubah menjadi lembaran-lembaran rambut trus sampai halus tariknya harus dengan tenaga extra ya.
  8. Kalau nggak, nggak bakal jadi arumanis dia akan jadi kristal yang kasar.

Baca juga ya: resep cara membuat mie sendiri