Cara Membuat Abon Sapi yang Enak

Abon Sapi… Ummooo…

Ssst… jangan bayangin sapi ya hehe…, serius ini. Kalau lihat sapinya, ya pasti agak ilfill.

Tapi jika anda¬†sudah lihat abonnya, hmmm… air liur anda dipastikan meleleh… melting.

Memang kenapa dan ada apa dengan abon sapi?

Yups, ini pertanyaan yang bagus. Kawan-kawan pasti dah sangat familiar dengan abon bukan? Dan pastinya, salah satu yang paling populer adalah abon sapi. hmm.. Yummi.

Kalau ingi lebih jelas, Abon ini merupakan makanan olahan yang terbuat dari daging yang disuwir-suwir atau dipisahkan serat-seratnya, kemudian ditambahkan bumbu-bumbu khusus, lalu digoreng. Simpelnya gitu sih.

Dan memang yang umum digunakan untuk membuat abon itu biasanya ya daging sapi.

Tetapi sebenarnya sih, sekarang ini sudah banyak juga kita temukan variasi abon dari bahan-bahan yang lainnya seperti, daging ayam, ikan bahkan jamur.

Cara Membuat Abon Sapi

 

Keutamaan dan kelebihan Abon sapi ini tergolong produk olahan daging yang awet, makanya bisa kita simpan selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan, abon dikemas dalam kantong plastik dan ditutup dengan rapat.

Membuat Abon Sapi

Nah, dengan banyaknya peminat abon sapi, tentunya kami yakin, banyak pula yang berminat untuk membuatnya. Bahkan mungkin menjualnya bukan?

Pertanyaannya, apakah sulit membuat abon sapi?

Kalau dari segi teknologinya sendiri, pembuatan abon itu relatif mudah, bisa dibuat sendiri dirumah. Selain itu gak perlu modal yang besar dan sudah lama dikenal dan digemari di kalangan masyarakat di Indonesia.

Jadi, pembuatan abon ini punya proses yang baik untuk bisa kita kembangkan sebagai industri kecil atau industri rumah tangga.

Baik, untuk mengurangi rasa penasaran anda, enaknya anda bisa langsung cek langkah-langkah efektif, dalam upaya bagaimana resep dan cara membuat abon sapi yang gurih dan renyah. Ok?

Resep Dan Cara Membuat Abon Sapi yang Gurih dan Renyah

 

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memotong daging sapi sampai menjadi tetelan daging. Jangan lupa untuk membuang lemak dan jaringan ikat dari seluruh permukaannya. Lalu kita potong-potong menjadi kecil, kemudian kita cuci dengan air bersih sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. Daging yang sudah dicuci tadi kita timbang seberat 5 kg, atau berapapun sesuai keinginan kalian.
  3. Rebus potongan-potongan daging tersebut dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  4. Setelah didinginkan, tumbuk daging yang telah direbus dengan cobek dan alu, lalu pisahkan serat-seratnya dengan menggunakan garpu. Namun, agar hasilnya lebih optimal dan mudah bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon.
  5. Timbang bumbu-bumbu yang diperlukan sebagai berikut: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur.
  6. Tumbuk bumbu-bumbu yang telah ditimbang tersebut satu per satu sampai halus, campur dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, maksudnya sampai tercampur rata, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  7. Langkah selanjutnya yaitu kita timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  8. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  9. Panaskan sebanyak 0.5 liter minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna cokelat muda, lalu tiriskan dan dinginkan di atas. Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu gosong loh ya, nanti bikin rasanya jadi pahit dan gak enak.
  10. Abon yang sudah matang bisa kita kemas dalam kantong plastik atau kemasan lainnya.

Sekarang, anda sudah tahu kan cara membuat abon sapi yang enak, gurih dan renyah ini bukan?

Kami yakin, dengan anda mengetahuinya, bisa jadi anda akan segera pergi ke pasar, beli daging sapi, kemudian ke dapur, dan praktek.

Dan Jangan lupa, kalau dah berhasil, anda bisa mengembangkan sendiri untuk berjualan oke? karena serius, abon sapi ini menjadi peluang usaha berbasis rumah yang menggiurkan.

Oke, demikian informasi singkat mengenai cara pembuatan abon sapi yang gurih dan renyah.

Semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian jika ingin membuat abon sapi sendiri di rumah, bahkan bisa kita jadikan sebagai peluang bisnis abon karena memang banyak peminatnya. Selamat mencoba dan terima kasih