Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Enak

Siapa yang tak mengenal abon?

Makanan yang terbuat dari serat daging hewan dengan tekstur seperti kapas dominasi serat-serat otot kering sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Cara membuat abon sapi Gurih

Dengan rasanya yang lezat, abon merupakan makanan kegemaran banyak orang yang sangat diminati karena bisa bertahan berminggu-minggu ketimbang dengan bahan makanan lain.

Selain tingkat keawetannya yang tahan lama, abon juga merupakan makanan yang praktis.

Praktis di sini artinya sangat mudah dibawa-bawa, tidak ribet, dan cara menyimpannya pun tidak memerlukan tempat khusus.

Banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam makanan abon, antara lain untuk kesehatan tulang, dan pembentukan sel darah dalam tubuh.

Selain itu juga, untuk asupan energy, menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, menjaga focus dan konsentrasi, dan kesehatan jantung.

Namun tahukah Anda jika abon dapat dibuat sendiri di rumah, lho!

Untuk cara membuat abon ini kita tidak perlu membutuhkan bahan-bahan yang super sulit didapatkan karena kita dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur kita.

Abon biasanya terbuat dari daging binatang seperti daging ayam, ikan, dan bisa juga menggunakan daging sapi.

Untuk tingkat kelezatan dan gizi yang sempurna membuat abon dengan menggunakan daging sapi adalah alternatif yang bagus.

Sudah bukan merupakan rahasia lagi bahwa daging sapi adalah makanan yang super lezat dengan kandungan protein yang tinggi, zat besi, selenium dan zinc, vitamin B komplek, omega 3, dan lemak.

Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat abon gurih menggunakan daging sapi yang sangat mudah.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat abon sapi gurih dan enak:

 

Cara Membuat Abon Sapi Gurih

Bahan-bahan membuat abon sapi gurih

  • Daging sapi seberat 500 gr
  • Santan kental sebanyak 500 ml
  • Daun salam
  • Daun sereh
  • Daun Jeruk
  • Santan
  • Lengkuas
  • Bawang putih sebanyak 5 butir
  • Bawang merah sebanyak 3 butir
  • Jahe
  • Kunyit
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok the
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Setelah semua bahan disiapkan, berikut ini adalah bagaimana langkah-langkah cara membuat abon sapi gurih dan enak:

  1. Cuci daging sapi sampai bersih. Daging sapi yang sudah bersih direbus dengan dicampur daun sereh, lengkuas, dan daun salam.
  2. Rebus daging sapi tersebut hingga benar-benar empuk. Jika masih dirasa kurang empuk, daging bisa dipresto.
  3. Setelah daging benar-benar empuk, angkat dan suwir-suwirlah daging tersebut menjadi suwiran yang kecil-kecil. Suwiran yang kecil-kecil tersebut ditumbuk kemudin suwir-suwir kembali. Ulangi berkali-kali hingga benar-benar menjadi daging yang lembut.
  4. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan ketumbar. Tumis dengan minyak yang sedikit hingga harum. Setelah dirasa harum, tambahkan daun jeruk di dalamnya.
  5. Masukkan santan ke dalam tumisan disusul dengan daging sapi yang sudah disuwir halus. Aduk perlahan-lahan kemudian taburi garam, gula pasir, dan penyedap.
  6. Aduk terus hingga santan meresap dan daging tampak mongering. Cobalah untuk tes rasa, jika kurang bisa ditambahkan dengan penyedap.
  7. Setelah dirasa cukup, abon dapat diangkat dan disajikan, dapat pula langsung disimpan di dalam toples yang kedap udara.

Mudah sekali bukan cara membuat abon sapi gurih dan enak ini?

Selain mudah, lezat, dan praktis, abon sapi ini juga dapat digunakan sebagai bekal anak sekolah, anak kos-kosan, bahkan bisa digunakan sebagai oleh-oleh.

Namun bagi anda yang tidak menyukai abon sapi, Anda juga dapat membuat abon lain tanpa daging sapi.

Selamat mencoba membuat abon sapi gurih dan enak ini, semoga berhasil!