Cara Buat Abon Sapi Kering Enak dan Bergizi

 

Abon sapi kering adalah makanan favorit masyarakat indonesia , cara buat abon sapi kering juga praktis dan mudah untuk di prkatekan di rumah!

Abon sapi sudah banyak dikenal oleh masyarakat umum, abon sapi menjadi incaran setiap orang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Makanan pendamping ini pun memiliki tekstur yang kering dan rasa yang khas.

Abon sapi kering sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia karena rasa dan teksturnya yang pas untuk di jadikan makanan pendamping nasi , abon sapi juga bisa bertahan lama, dan bisa di jadikan makanan instan dan snack.

 

Abon Sapi

cara buat abon sapi kering

Abon pada umumnya terbuat dari bahan daging hewani yang kemudian di suir-suir tipis hingga seperti serat atau serabut kelapa halus, kemudian daging yang sudah di suir halus  di tambahi bumbu khas yang akan menambah kelezatan dari abon itu sendiri.

Di Indonesia sudah banyak para pelaku UMKM yang mengkreasikan abon berbagai jenis, ada abon jamur, abon ayam , abon sapi, abon ikan ,  abon udang dan abon dari sayuran juga ada. Jenis-jenis abon ini bisa kita jumpai pada minimarket, pasar, dan mall-mall.

Abon yang paling popular saat ini adalah abon sapi kering, selain rasanya yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi , abon sapi kering juga praktis dan bisa di bawa kemana-mana. Jika anda di rumah ingin mengetahui cara membuat abon sapi kering sederhana , berikut ini kami sertakan resep cara buat abon sapi kering

Resep Abon Sapi Kering

cara buat abon sapi kering

Bahan:
– 500 gram daging sapi has dalam
– 2 lembar daun jeruk
– 2 lembar daun salam
– 1 batang serai, dimemarkan
– Minyak untuk menumis
– 125 ml santan (1/2 butir kelapa)

Bumbu Halus:
– 8 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 2 cm lengkuas
– 2cm sereh (ambil bagian putihnya)

– 1 sdm ketumbar bubuk
– 1 sdt garam
– 2 sdm gula merah

Cara Membuat Abon Sapi Kering :

  1. Rebus daging bersama daun jeruk, daun salam, dan sereh hingga matang
  2. Angkat dan tiriskan
  3. Suwir-Suwir daging saat sudah dingin dengan ukuran kecil
  4. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum
  5. Masukkan suwiran daging aduk rata
  6. Tambahkan ketumbar bubuk, garam, dan gula lalu aduk rata
  7. Masukkan santan ke dalam tumisan daging, aduk rata
  8. Masak sampai santan meresap ke daging
  9. Koreksi rasa
  10. Angkat dan tiriskan
  11. Panaskan minyak goreng dan goreng lagi daging hingga kecokelatan
  12. Siap disajikan

 

Bagi yang tidak suka pedas , ada olahan abon sapi kering manis untuk kalian coba dirumah , berikut resep dan cara pembuatannya.

 

Abon Sapi Kering Manis

cara buat abon sapi kering

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 3 siung bawang putih
  • 1 tsp ketumbar
  • 2 cm lengkuas geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 tsp kaldu jamur atau sejenisnya
  • 85 gram gula merah disisir
  • 200 ml santan kental
  • secukupnya garam

Cara Membuat Abon Sapi Kering Manis :

  1. Potong daging kecil kecil biar mudah di suwir/di hancurkan dan rebus hingga empuk. kira kira 1 jam dengan api sedang.
  2. Masukkan daging yang sudah matang kedalam hand blender, haluskan kasar hingga seperti suwiran halus. Bila tidak menggudakan hand blender bisa disuwir secara manual setelah itu ditumbuk dengan menggunakan ulekan.
  3. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam. siapkan bahan bahan lainnya.Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang sudah digeprek.
  4. setelah wangi masukkan santan kental aduk rata dan masukkan gula merah.Aduk terus sambil menambahkan kaldu jamur. Aduk terus hingga kering.
  5. Setelah benar benar kering, matikan api. Siapkan loyang yang sudah dialasi oleh tissue penyerap minyak dan tuang abon ke atas loyang.
  6. Letakkan tissue diatas abon, tekan tekan hingga minyak yang tersisa keluar. Abon siap untuk dihidangkan.
  7. Tapi supaya abon lebih tahan lama dan benar benar kering, masukkan loyang yang sudah berisi abon kedalam oven yang sudah dipanaskan. Oven kurang lebih 15 menit dengan suhu 100 derajat.
  8. Abon siap di simpan di wadah tertutup.