Bedanya Bisnis Dengan Dagang. Apa Bedanya?

Cara Membuat Toko Ramai Pembeli. Bedanya bisnis dengan dagang sangatlah tipis. Bahkan orang-orang awam akan cenderung menyamakannya. Untuk kamu yang sudah berjualan pastinya bertujuan agar mendapatkan pemasukan.

Namun, apakah kamu tau kalau berdagang dengan berbisnis itu berbeda?

Bedanya Bisnis Dengan Dagang

Bedanya Bisnis Dengan Dagang

1. Berdagang

  • Pengertian Berdagang

Pedagang cuma mementingkan profit saja, tidak memikirkan apa yang bakal terjadi ke depannya. Mereka lebih ahli dalam memutar uang dibandingkan meningkatkan kualitas dari barang tersebut.

Apapun keputusan apapun juga ditetapkan oleh pemilik dagang tersebut. Lebih benarnya waktu mereka lebih longgar karena merekalah yang mengendalikan kuasa dagang mereka.

Memang karena berdagang keuntungan lebih cepat didapat dan dinikmati, namun sulit untuk meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Dalam sistem manajemennya pun kurang rapih. Jadi para pedagang berperilaku sembrono dengan hasil yang mereka dapatkan.

Contoh dari pedagang umumnya dapat anda jumpai di pinggir jalan seperti tukang jualan jajanan yang menjual bermacam-macam makanan.

Pedagang jarang memiliki tempat yang menetap. Namun ada juga beberapa kasus pedagang yang memiliki lokasi tetap seperti mempunyai kios atau menyewa kios.

2. Bisnis

  • Pengertian Bisnis

Berbisnis sudah tentu berdagang, tapi berdagang belum pasti bisnis. Mungkin dari kata-kata ini anda bisa memberikan kesimpulan apa perbedaan berdagang dengan berbisnis.

Berbisnis memang membutuhkan waktu cukup lama agar memperoleh profit. Karena pembisnis akan memikirkan kekreatifan dari toko mereka. Seperti menciptakan tema dan membangun image merk toko mereka.

Tentunya sistem tata kelola bisnis lebih tersusun dengan rapi dan tertata. Tidak sembarangan melakukan pengambilan keputusan, karena bisnis membutuhkan banyak otak yang harus melakukan keputusan bersama.

Pembisnis memiliki tujuan yang besar untuk kedepannya. Tidak hanya mementingkan keuntungan saja.

Namun memikirkan bagaimana usaha mereka bisa bertumbuh dengan besar dan dikenal oleh semua orang.

Pembisnis juga mengutamakan kenyamanan kepada pelanggan baik melalui bagian dalam maupun pelayanan. Semua akan tersusun dengan rapih

Contoh dari berbisnis bisa kamu perhatikan seperti café-café yang mempunyai merk tersendiri. Atau toko-toko yang mempunyai merk terkenal seperti uniclo, Adidas dan lain sebagainya.

Tentunya pembisnis mempunyai tempat menetap bahkan mempunyai banyak cabang. Itulah yang membedakan dangang dengan bisnis.

Bisnis yang disusun dengan baik dapat membangun cabang untuk meluaskan zona penjualan mereka. Sedangkan dagang hanya memiliki 1 kios.

3. Contoh

  • Bedanya Bisnis Dengan Dagangan

Jika kamu masih bingung dengan perbedaan bisnis dengan dagang. Mari kita membahas dengan menggunakan contoh kasus.

Ibu Dian dan Ibu Sasa mereka berdua memiliki usaha jualan makan dengan berbahan dasar ayam. Jualan ibu Dian dan Ibu Sasa sama-sama enak.

Ibu Pina membuat warung makan ayam penyet dengan nama “Ayam Penyet Ibu Pina”.

Namun ibu Tina hanya membuka tokonya di halaman rumahnya tanpa adanya aksesoris apapun. Sama seperti makanan pinggir jalan pada umumnya.

Sementara itu Ibu Dina menjual ayam geprek juga dengan nama “Ayam Geprek Semesta” yang menawarkan berbagai sambal Semesta yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pelanggan.

Toko bu Dina juga mempunyai aksesoris menarik, tempat yang nyaman digunakan berkumpul dengan merk yang kreatif. Ibu Gina juga mempunyai SOP dalam bisnisnya, karena ibu Gina sudah merancang rencana kedepannya dalam jangka panjang.

Ibu Gina adalah seorang pedagang dan Ibu Dina yakni seorang pebisnis.

Dengan Perbedaan Bisnis dan Usaha, kamu bahkan dapat mengetahui tempat siapa yang kamu akan pilih. tentunya lebih memilih ayam Ibu Dina karena mempunyai tempat yang nyaman, jenis makanan yang bermacam-macam dan unik, juga memiliki pelayanan yang nyaman.

Dengan melihat perbedaan bisnis dengan dagang, tentunya kamu berpikir bahwa bisnis lebih baik dari pada dagang.

Benar saja bila dipandang dari sudut pandang bisnis yang sukses. Bisnis itu tidak selalu berjalan dengan mulus. Tentunya ada jatuh bangunnya. Dan prosesnya cukup panjang.

Sedangkan dagang mungkin dapat mempercepat pendapatan pemasukan namun sayangnya sangat sulit untuk memperluas zona penjualannya.

Semua orang dapat memilih ingin berbisnis atau berdagang karena semua ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing.