Paling di Cari! Barang Langka Di Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

barang langka di indonesia – Sedang berbenah gudang ternyata Anda menemukan begitu banyak barang antik yang sudah tidak terpakai. Hmm.. Enaknya dirombeng atau dibuang saja ke tempat sampah saja, ya? Tunggu!

Baca juga : Ruang Rahasia Di Rumah Guna Bersembunyi Atau Menyembunyikan

Bisa jadi barang-barang lama yang Anda temukan itu merupakan barang langka yang dicari kolektor loh. Bahkan, jika barang tersebut memang terbilang sudah langka dan diminati kolektor, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

Baca juga : Wow! Barang Di Toko Online Ini Termasuk Barang Termahal Di Dunia!

Paling di Cari! Barang Langka Di Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Apa saja sih barang langka yang dicari oleh kolektor? Saya sudah merangkum daftar barang-barang langka yang diminati kolektor dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Yuk, cek artikel ini sembari dengan membereskan gudang Anda. Barang langka di Indonesia

1. Setrika Arang

barang langka di indonesia
Zaman sekarang kita dapat membeli setrika uap terbaru hanya dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Padahal, pada zaman dulu orang tua atau kakek-nenek kita menggunakan setrika arang untuk menghaluskan pakaian.

Setrika arang ini memang tidak menggunakan daya listrik, melainkan diisi dengan arang yang panas untuk menghasilkan panasnya. Bagian atas setrika ini bisa dibuka dan diisi dengan beberapa buah arang panas.

Selain dari itu, bahan pembuatan setrika arang ini adalah bahan kuningan, jadi bobot setrika ini juga lumayan berat. Apabila Anda memiliki setrika arang jadul yang benar-benar jadul dan dari zaman dulu, setrika tersebut sekarang bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

Meskipun saat ini banyak sekali replika setrika arang, tapi para kolektor barang antik bisa membedakan mana yang benar-benar antik dan yang tiruan.

2. Perangko

barang langka di indonesia
Siapa di sini yang suka mengoleksi perangko? Perangko pada zaman dulu termasuk barang langka yang dicari kolektor juga. Semakin lama tahun dari pembuatan perangko tersebut, maka semakin mahal harga jual di pasaran.

Usut punya usut, ternyata ada sebuah perangko dari Negara Indonesia yang dibandrol dengan harga 20 milyar rupiah, lho.

Perangko itu dibuat pada tahun 1864, dan dicetak di zaman Hindia-Belanda, dengan tema Naga Air, dan memiliki cap pos dari Ngawi. Nah, kalau Anda sedang butuh uang banyak, boleh nih menjual koleksi perangko-perangko lama milik Anda ke para kolektor.

3. Uang Kuno

barang langka di indonesia
Indonesia ternyata termasuk negara yang cukup sering melakukan pergantian uang kertas dan uang koin. Namun, apabila Anda memiliki uang kuno yang benar-benar kuno, Anda bisa menjualnya dengan harga hingga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, lho.
Di Indonesia cukup banyak juga kolektor uang kuno. Sama seperti dengan perangko, semakin tua tahun cetak uang tersebut pasti akan semakin mahal harga benda itu. Contohnya, uang kertas nominal seratus rupiah yang terbit tahun 1948 dihargai mencapai 100 juta rupiah.
Jika kondisinya masih mulus, uang kertas bergambar Ir. Soekarno tersbeut bisa laku dengan harga 1,5 kali lipat.

4. Piringan Hitam

barang langka di indonesia
Piringan hitam atau disebut vinyl juga merupakan barang langka yang dicari kolektor. Bahkan, meskipun tidak memiliki alat pemutar vinyl, masih banyak orang yang berminat mengoleksi piringan hitamnya dengan alasan karena benda ini langka dan sudah tidak diproduksi lagi.
Perlu Anda ketahui bahwa piringan hitam yaitu benda yang paling diincar para kolektor meskipun harganya tidak terlalu tinggi. Komunitas pecinta vinyl sendiri percaya bahwa kualitas musik analog jauh lebih baik dibanding musik digital yang bisa didengarkan melalui smartphone.
Salah satu piringan hitam termahal didunia adalah album vinyl The Quarrymen, band bentukan John Lennon pada tahun 1959. Piringan hitam tersebut pernah laku terjual dengan harga hingga 170 juta rupiah.

5. Sepeda

barang langka di indonesia
Onthel Gazelle Anda pasti pernah melihat sepeda onthel yang seperti di gambar tersebut bukan? Sepeda ini namanya adalah Onthel Gazelle. Gazelle sendiri merupakan produsen dari sepeda yang mulai memproduksi sepeda sejak tahun 1892.
Di masa itu, sepeda Gazelle ini termasuk barang mewah. Sampai saat ini kita mungkin sering melihat komunitas pecinta sepeda antik mengendarai Onthel Gazelle. Sepeda yang terlihat kuno ini ternyata dihargai mulai dari 5 juta rupiah.
Bahkan, jika sepedanya masih mulus dan bagus seperti baru Anda bisa menjualnya dengan harga puluhan juta rupiah.

6. Kamera

barang langka di indonesia
Daguerreotype Jauh sebelum adanya DSLR atau kamera dengan fitur-fitur canggih di smartphone ternyata ada yang namanya Kamera Daguerreotype. Gambar dari kamera ini dihasilkan dari sistem Daguerreotype.
Yaitu dari amalgam atau alloy campuran mercury dan perak. Proses dari pengambilan gambar dengan kamera ini memang cukup rumit bagi kita yang terbiasa membidik gambar dengan kamera DSLR.

 

Sekian artikel barang langka di indonesia saya semoga artikel barang langka di indonesia saya bermanfaat. Terimakasih karena telah membaca artikel barang langka di indonesia saya. Sekian!